Anggota Koramil Sendang dan Masyarakat Desa Nyawangan, Kerja Bakti Bersihkan Material Tanah Longsor

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Danramil dan anggota Koramil Tipe B 0807/17 Sendang bersinergi bersama Polri, BPBD Tulungagung, Tagana dan masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan material pasca tanah longsor yang menutup akses jalan antara Desa Nyawangan dan Desa Tugu, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (24/03/2022).

Danramil Tipe B 0807/17 Sendang, Kapten Arm Sugiharto menuturkan, bencana tanah longsor yang terjadi Rabu (23/3/2022) pukul 17.00 WIB memutus akses utama desa.

Material longsor menutup jalan penghubung Desa Nyawangan dan Desa Tugu dengan ketebalan material tanah lebih dari 1 meter, panjangnya 15 meter dan menutup seluruh badan jalan selebar 5 meter. Kegiatan pembersihan material dilakukan dengan cara manual karena tidak ada alat berat.

“Pagi ini semua gotong-royong, nggak ada alat berat. Jadi mungkin butuh waktu yang lumayan,” terang Danramil Sendang.

Karena kejadian ini jalan utama ditutup total untuk semua kendaraan. Pemotor bisa menggunakan jalan perkampungan dengan medan ekstrem.

Sementara mobil harus memutar sejauh 3 kilometer lewat Desa/Kecamatan Sendang. Longsor juga merusak beton jalan perkampungan.

Selain itu, longsor juga mengancam rumah warga bernama Paijo yang ada di atas lokasi.

Menjelang siang, BPBD membantu proses evakuasi material menggunakan pompa air. Mesin pompa menyedot air dari sungai yang ada di bawah badan jalan, laku disemprotkan ke lumpur. Rencananya, jika material sudah berhasil disingkirkan, aspal akan disemprot hingga bebas dari sisa lumpur.

Sebab, lapisan lumpur yang tipis berisiko membuat pemotor terjatuh, bahkan bisa membuat mobil tergelincir. (Red).

Berita Lainnya