Ambil Apel, Dandim Tulungagung Pastikan Anggotanya Pedomani “Buku Netralitas TNI”

Mitra TNI125 views

 

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P, memimpin apel pengecekan buku saku terkait pedoman kode etik dan sikap netralitas TNI di wilayah Kabupaten Tulungagung. Apel tersebut dihadiri oleh seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim Tulungagung sebagai upaya untuk memastikan kesiapan dan kesadaran seluruh personel menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Selasa (05/12/2023).

Dalam sambutannya, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P menjelaskan bahwa, buku saku netralitas TNI adalah panduan berharga yang berisikan pedoman kode etik yang harus dipahami dan diterapkan oleh setiap prajurit TNI selama masa pemilu. Pedoman ini dirancang untuk memastikan sikap netralitas yang menjadi pilar utama dalam mendukung proses demokrasi yang sehat dan berkeadilan.

“Buku saku itu berisikan pedoman kode etik yang harus dipahami dan dipedomani oleh setiap prajurit TNI selama masa pemilu. Sikap netralitas TNI adalah kunci dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan adil,” ungkap Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P.

Lebih lanjut, Dandim menekankan bahwa, prajurit TNI tidak diperkenankan memihak atau mendukung salah satu pasangan calon. Mereka juga diingatkan untuk tidak terlibat dalam politik praktis demi menjaga integritas dan netralitas institusi TNI.

“Sikap netralitas TNI pada Pemilu 2024 merupakan pilar utama dalam mendukung proses demokrasi. Prajurit TNI tidak boleh memihak atau mendukung kepada salah satu pasangan calon dan tidak boleh terlibat politik praktis,” tegas Dandim.

Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P berharap bahwa, setiap prajurit dan PNS Kodim Tulungagung akan menjadikan buku saku ini sebagai pedoman utama dalam mengemban tugas selama masa pemilu, sehingga TNI dapat tetap menjadi pelindung dan penegak keutuhan negara tanpa adanya intervensi politik yang merugikan. (Red).

Berita Lainnya