AKSI BELA PALESTINA DI BALI SAMPAIKAN PESAN ANTI KOLONIALISME, ANTI PEMBANTAIAN, ANTI GENOSIDA, DAN ANTI TERORISME SERTA SERUKAN HENTIKAN PERANG DI PALESTINA

Mitra TNI159 views

 

Denpasar – koranprogresif.co.id, 25 Nopember 2023 Tak kurang dari 10 ribu peserta tumpah ruah memutihkan lapangan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Bali menjadi lautan manusia pada Sabtu 25 November 2023 pagi dalam rangka Aksi Bela Palestina yang digagas oleh MUI Bali.

Tak tanggung-tanggung, jumlah peserta yang hadir dikatakan mencapai lebih dari 10 ribu orang ucap Ketua Panitia H. Agus Samijaya.

Agus menuturkan, selain masyarakat umum, acara tersebut juga dihadiri oleh para tokoh agama, organisasi keagamaan dan non keagamaan, hingga NGO (Non Government Organization) atau di Indonesia lebih dikenal dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)..

Dan kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur pemerintahan diantaranya Pj. Gubernur Bali yang diwakili oleh Kesbangpol Prov Bali, Polda Bali, dan Kodam IX/Udayana, dan dari Organisasi hadir MUI, PHDI, FKUB, PGI, WALUBI, MATAKIN, PMUK, serta seluruh organisasi keagamaan baik yang berbasis Islam maupun non Islam dan NGO ungkap H. Agus Samijaya.

Aksi damai tersebut yang dikatakan oleh Agus Samijaya sebagai bentuk keprihatinan Indonesia khususnya Bali terhadap aksi genosida dan penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Di samping itu, ribuan orang yang hadir dalam acara tersebut juga disebut sebagai pesan dari Bali untuk dunia bahwasannya Bali anti kolonialisme, anti pembantaian, anti genosida, hingga anti terorisme.

“Ini aksi dari Bali untuk didengar oleh dunia bahwa Bali menyampaikan pesan anti kolonialisme, anti pembantaian, anti genosida, dan anti terorisme,” jelasnya.

Lebih jauh H. Agus menekankan aksi ini menyuarakan pula prinsip human right atau Hak Asasi Manusia (HAM) serta prinsip kemerdekaan. Hal ini sesuai dengan komitmen yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang pada pokoknya menyatakan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Pihak panitia melalui Bendahara Umum MUI Bali H. Mardi Sumitro juga membuka donasi uang bagi para peserta aksi tersebut. Setelah dihimpun sampai sekitar pukul 10.00 WITA, panitia menyebut berhasil menggalang dana hingga lebih dari Rp1 miliar. Angka tersebut belum bisa dipastikan rincinya karena proses donasi masih akan dibuka sampai dini hari besok.

Panitia mengharapkan jika jumlah donasi yang terkumpul akan mendekati atau bahkan melebihi Rp 2 miliar.

Disinggung soal aksi lanjutan, H Agus tak dapat berbicara banyak. Bila ada keinginan yang dari berbagai elemen masyarakat, maka pihaknya tak dapat membendung keinginan itu, pungkas Ketua Pania H. Agus Samijaya.

Ditempat yang sama H. Wasit Pamungkas (45), salah satu peserta aksi damai yang juga Ketua PHBI Denpasar Selatan, mengungkapkan bahwa tujuan ia turut hadir dalam kegiatan ini sebagai upaya menyuarakan nilai kemanusiaan sebagai hal yang perlu diutamakan.

Kami hadir kesini dengan membawa tidak kurang dari 250 peserta aksi damai dari PHBI Denpasar Selatan, Majelis Taklim dan para Sahabat Pamungkas, dan kami juga membawakan donasi untuk saudara kita di Palestina dan disampaikan ke Baznas Prov Bali, ucapnya.

Wasit juga Berharap agar semua elemen bisa membuka nurani dunia dan menyelamatkan kemanusiaan serta akal sehat untuk membantu membuka pintu hati dan kebijakan internasional yang akhirnya bisa mewujudkan keadilan dan perdamaian di kawasan Timur Tengah hingga ke seruruh dunia dengan Palestina merdeka.

“Semoga Palestina merdeka, karena ini kan bukan hanya dari agama aja. Tapi dari kemanusiaan juga,” ucap pria asal Jogjakarta itu.

(Red/Gus arie Denpasar)

Berita Lainnya