Akhirnya Sidang Offline Kembali Dilaksanakan di PN Jaktim

Hukrim, Nusantara911 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) Terhitung hari Senin kemarin sudah melaksanakan sidang tatap muka (Offline), bukan lagi seperti persidangan disaat Covid-19 yang dilaksanakan secara online, Senin (26/02/2024).

Kejari Jaktim, Imran, SH, MH, melalui Kasi Pidum, Yanuar Adi Nugroho, SH, MH mengungkapkan, tercatat untuk hari ini, Rutan Kelas IA Cipinang 37 tahanan dan Rutan Kelas IA Pondok Bambu 5 tahanan untuk melaksanakan sidang di PN Jaktim.

Lanjut Yanuar menerangkan bahwa, selama diberlakukannya kembali sidang offline untuk semua tahanan yang belum inkrah.

“Sekarang sudah memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi. Jadi, dari Ditjen Pemasyarakatan sudah memperbolehkan sidang offline,” ucapnya.

“Pengamanannya dari kami dan dibantu Polres Jakarta Timur. Untuk personel, kami sesuai SOP saja. Kalau hari itu banyak (sidangnya) tentu kami tambah personel. Supaya sidang bisa dilaksanakan dengan lancar,” tambah Yanuar.

Yanuar juga mengakui, kendala saat sidang online adalah tempat sidang bagi terdakwa. Sejauh ini, sidang online dirasa tidak kondusif. Sehingga terdakwa tak mampu mendengar dengan baik proses jalannya persidangan.

Sebagaimana pantauan di PN Jaktim, Setiap terdakwa yang akan disidangkan sudah dibawa dari rutan cipinang dan rutan pondok bambu untuk sidang bertatap muka langsung dengan majelis hakim dan JPU berjalan Normal.

Sementara Humas Pengadilan Negeri jakarta Timur, Dony Dortmund, SH, MH menyampaikan, dengan adanya persidangan secara offline ini, diharapkan dapat mempercepat proses penyelesaian perkara.

“Kami Pengadilan Negeri Jakarta Timur memang sudah sering meminta pada jaksa penuntut umum (JPU) untuk bisa menghadirkan para terdakwa agar dihadirkan dipersidangan dan segera terwujudnya pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan, juga mempersiapkan kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan sidang offline di Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” ucap Doni. (Rd).

Berita Lainnya