5 Tips Memilih Lembaga Pinjaman yang Aman untuk Modal Usaha

Nusantara286 views

Hadirnya lembaga pinjaman memudahkan Anda yang sedang mencari modal usaha. Sebelum mengajukan, pastikan bahwa Anda mengikuti tips memilih lembaga pinjaman dengan benar.

Apalagi jika Anda berencana mengajukan ke lembaga pinjaman online yang saat ini cukup marak. Cukup banyak kasus penipuan pinjaman online yang mengharuskan Anda membayar bunga cukup tinggi. Tips berikut ini membantu Anda agar tidak salah pilih.

5 Tips Memilih Lembaga Pinjaman

Ada dua pilihan lembaga yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman yaitu bank dan juga lembaga non bank. Biasanya pengajuan pinjaman akan lebih mudah di lembaga non bank karena syaratnya yang tidak terlalu rumit.

Baik itu bank atau lembaga non bank yang bisa Anda pilih sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Mengecek Legalitas Lembaga Pinjaman

Langkah awal selalu dimulai dengan mengecek legalitas pinjaman tersebut. Semua lembaga yang legal biasanya sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara mengeceknya adalah dengan mengakses laman resmi OJK.

Bisa juga menelepon ke OJK langsung untuk menanyakan legalitas lembaga tersebut. Pasalnya, lembaga yang memiliki izin OJK artinya semua operasionalnya diawasi. Baik dari segi pemberian bunga, penagihan, biaya admin dan masih banyak lagi.

2. Memiliki Kantor Fisik yang Jelas

Seringkali pinjaman online tidak memiliki kantor fisik, hal ini tentu saja membuat Anda harus lebih waspada. Tidak adanya kantor fisik membuat Anda kesulitan untuk mengajukan keluhan apabila mengalami masalah saat mengajukan atau membayar.

Setidaknya kantor fisik ini berada di kota besar yang mudah untuk didatangi langsung. Risiko yang terjadi karena kesalahan administrasi pun bisa segera diatasi dengan Anda datang ke kantor fisik tersebut.

3. Mengetahui Detail Bunga, Biaya Admin, Syarat dan Prosesnya

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari ketika ingin menggunakan layanan pinjaman di lembaga tertentu. Mulai dari bunga, biaya admin sampai dengan proses pengajuan pinjaman hingga cicilan dan pelunasannya.

Jadi jangan hanya kemudahan syarat saja yang diperhatikan tetapi juga bunga. Jangan sampai tagihan bunga serta biaya admin ini melebihi jumlah pinjaman pokok. Anda harus menghitung terlebih dahulu. Lebih mudah lagi jika lembaga tersebut menyediakan simulasi pinjaman.

4. Menyediakan Layanan Pelanggan 24 Jam

Layanan pelanggan jadi kunci utama juga ketika Anda mencari lembaga pinjaman terpercaya. Cari tahu dari kerabat Anda yang mungkin sudah menggunakan produk dari lembaga tersebut soal layanan pelanggan yang disediakan.

Apakah layanannya tersedia 24 jam dan menjawab pertanyaan cepat serat solutif atau tidak. Anda bisa mencoba untuk menghubungi layanan pelanggan untuk mengetahui kualitas dari pelayanan yang diberikan.

5. Mengecek Jenis Produk

Tidak semua lembaga menyediakan pinjaman untuk modal usaha, ada yang hanya memiliki produk untuk pinjaman kebutuhan belanja bulanan yang nominalnya kecil. Jadi sangat penting untuk tahu jenis produk yang disediakan.

Cek juga berapa maksimal dan minimal pinjaman yang bisa diakses beserta dengan tenor yang disediakan. Nantinya Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan yang dimiliki.

Seluruh tips memilih lembaga pinjaman ini bisa Anda ikuti mulai dari sekarang. Salah satu contoh lembaga pinjaman yang ada di Indonesia adalah Buana Finance. Anda yang memiliki pinjaman di buana finance bisa dengan mudah melakukan pembayaran melalui Blibli. Metode transaksi yang disediakan Blibli sangat bervariasi.

Anda akan mendapat beragam pilihan metode mulai dari transfer rekening bank, e-wallet bahkan membayar ke minimarket terdekat sebelum 24 jam. Anda tidak akan mengalami kendala selama melakukan pembayaran di Blibli. Pastikan saja nama perusahaan dan nomor kontrak benar, maka tagihan pun akan muncul. ***

 

Berita Lainnya