oleh

Wujudkan Kamseltibcar Lantas, Aparat Gabungan Aceh Barat Akan Gelar Operasi Ketupat Seulawah 2022

-Mitra tni-270 views

 

Aceh Barat – Koranprogresif.co.id, Aparat gabungan dari TNl – Polri, Dinas Perhubungan dan lnstansi terkait lainnya menggelar Apel gelar Pasukan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Seulawah 2022 mengusung tema “Wujud Sinergi Polri Dengan lnstansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Dalam Perayaan ldul Fitri 1443 Hijriah” yang berlangsung di Halaman Mapolres Aceh Barat Jalan Swadaya Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (22/4/2022)

Apel gelar Pasukan ini turut dihadiri Sekdakab Aceh Barat Marhaban, S.E., M.Si., Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., diwakili Pasi Ops Lettu lnf Andika Trio Utama, S.H., Wakapolres Kompol Asa Putra, Wadan Denpom lM/2 Meulaboh Mayor Cpm Faisal, Kadinhub Fadlian Sahputra, S.STP., M.Si., Kasatpol PP/WH Azim, S.Ag., Kadinkes Syarifah Junaidah, S.K.M., dan Kepala Jasa Raharja Cabang Meulaboh Saeful Kamal Apandi.

Gelar Apel gabungan ini melibatkan 1 Peleton Personil Kodim 0105/Abar, 1 Peleton Sabhara Polres Aceh Barat, 1 Peleton Satuan Lalu Lintas, 1 Peleton Gabungan (Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Sat lntelkam) Polres Aceh Barat, 1 Regu Denpom lM/2 Meulaboh, 1 Regu Dinas Perhungungan, 1 Regu BPBD, 1 Regu Basarnas dan 1 Regu Satpol PP/WH.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Sekdakab Marhaban memgatakan bahwa Pemerintah telah menetapkan libur nasional yang tentunya akan banyak masyarakat yang akan berkumpul merayakan Lebaran dengan sanak keluarga. Sebab, Pemerintah memberikan kelonggaran dengan tidak melarang budaya mudik atau pulang kampung.

“Operasi Ketupat 2022 melibatkan 144.392 Personil gabungan yang terdiri dari anggota Polri sebanyak 87.880 orang, TNl 13.287 orang dan 43.225 petugas instansi terkait. Pelaksanaan Operasi ini selama 12 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022. Dengan titik fokus tempat keramaian seperti Rumah lbadah, tempat wisata, pusat perbelanjaan, Terminal, Pelabuhan, Stasiun KA, Bandara dan Jalan Raya”, kutip Marhaban

Di lapangan Aparat gabungan akan melakukan himbauan dan pengawasan terkait tertib lalu lintas dan Prokes, sebab pandemi Covid – 19 hingga kini belum sepenuhnya selesai. Maka, perlu adanya pengawasan terhadap mobilitas masyarakat guna menghindari transmisi Covid – 19. Untuk mencegah kerawanan tersebut, maka akan dilakukan Testing, Tracing dan Treatmen jika ada yang terendus terkonfirmasi. Selanjutnya juga akan melakukan sweb antigen secara acak sekaligus pembagian Masker.

Apel gelar Pasukan ini dilakukan bertujuan sebagai bentuk pengecekan terakhir sebelum melakukan tugas di Lapangan. Melalui Apel ini dapat dipastikan kesiapsiagaan Personil, sarana dan prasarana pengamanan serta soliditas dan solidaritas antar instansi.

Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dalam konfirmasinya berharap Operasi Ketupat Seulawah ini mengutamakan faktor keamanan dan mengedepankan tidakan preemtif, preventif dan persuasif secara humanis.

“Semoga dengan adanya pemantapan kerjasama Kamseltibcar lalu lintas dan Prokes dapat tercapai serta dapat pula dikendalikan. Petugas dilapangan harus profesinal dan dapat mengambil langkah – langkah proaktif maupun aplikatif agar tindakan yang diambil tepat, efektif dan efisien”, tandas Dandim

(Red)

 

 

Berita Lainnya