oleh

WISATA SEMBARI MENGENAL SEJARAH & ETNIK BUDAYA KALTENG

Palangka Raya – koranprogresif.co.id – Mengenal lebih dekat Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah yakni Palangka Raya yang menjadi salah satu calon Ibukota Negara Republik Indonesia saat ini tentu semakin tersalurkan bila kita rehat sejenak pada Rumah TJILIK RIWUT Galeri & Resto yang lokasinya di Jl. Sudirman No. 1 Palangka Raya.

Personil koranprogresif.co.id Kalteng saat menyambangi lokasi ini yang didampingi Tjiwie Sjamsuddin, SH, selaku Ketua RW 01 Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya ini sangat terkesiap bangga melihat beberapa koleksi yang dipajang disini. Salah satunya foto-foto bapak Tjilik Riwut, Gubernur pertama Kalteng yang gagah dan penuh legenda ini.

Kedatangan koranprogresif.co.id yang disambut langsung Mina Ida Riwut, Mina Nila Riwut, yang didampingi anaknya Chico Sulang pengelola galeri dan resto Tjilik Riwut ini menyampaikan bahwa, Rumah Tjilik Riwut ini kami kelola agar semua orang tahu lebih luas sejarah dan keberadaan provinsi ke 17 di NKRI tahun 1958 ini, bahkan pengunjung disini semakin dekat dengan etnik budaya suku Dayak.

Sambil menikmati sajian khas etnik suku Dayak, terlihat pengunjung juga terbuai dengan alunan musik karungut yang ditampilkan.

“Kami menampilkan musik dan lagu karungut khas suku Dayak ini setiap hari Senin, Rabu dan Jumat, selain hiburan lainnya,” ujar Cicho Sulang datar menjelaskan.

Selain menyajikan yang khas etnik suku Dayak di Rumah Tjilik Riwut yang hallalan toyibban ini, kita juga berharap pada masyarakat pengunjung, agar kita selalu bersama menjaga dan melestarikan adat budaya suku kita bersama agar lestari, pungkas Mina Ida Riwut bersama adiknya Mina Nila Riwut dengan mantap sembari menyampaikan bahwa disini tetap mempertahankan harga yang pasti terjangkau untuk masyarakat. (Dolok).

News Feed