oleh

Warga Desa Patas Sambut Rombongan Bupati dan Wakil Bupati Barsel Dengan Suka Cita

Patas I – – koranprogresif.co.id – Empat Putri Dayak yang tadinya menari-nari ritmes mengikuti tabuhan gong dan ketambung spontan berubah menjadi dinamis. Liukan tubuh para penari seolah melayang ringan dan terlihat luwes dengan kain “bahalai” bersandang dimasing-masing pinggang.

Tak lama berselang, pun gelang-gelang terbuat dari logam yang berlingkar dimasing-masing lengan penari mulai bergemerincing lembut namun seolah berat berhentak. Udara pagi di sekitar tempat penyambutan Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan (Barsel) di Desa Patas I, Kecamatan Gunung Bintang Awai pun dipenuhi suasana suka cita dan kegembiraan penyambutan tamu kehormatan.

Bagi aparat dan warga Desa Patas I, kehadiran pemimpin di desa mereka adalah kebahagian yang luar biasa. Teristimewa lagi ketika Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Patas I yang digelar di Aula kantor Desa setempat juga dihadiri Bupati Eddy Raya Samsuri sekaligus Wakil Bupati Satya Titiek Atyani Djoedir bersama Forkopimda Barsel.

“Ini istimewa dan luar biasa. Itulah mengapa warga disini menyambut rombongan bupati dengan Tari Bahalai atau Selendang Bawi, sebuah tarian khas perempuan Dayak sebagai gambaran sukacita dan rasa syukur kepada Tuhan atas terlaksananya suatu hajatan besar,” tutur Unit, Tokoh Desa Patas I.

Bupati dan Wakil Bupati Barsel disambut aparat dan warga Desa Patas I dengan kemeriahan tari tradisional khas Dayak itu. Kedua pejabat itu dikalungi bunga berwarna merah dan putih sebelum memasuki ruangan tempat Musrenbang berlangsung.

Sebagimana keindahan Tarian Bahalai atau Selendang Bawi, Bupati Barito Selatan dalam arahan Musrenbangnya di Desa Patas ingin pembangunan pedesaan, khususnya Desa Patas I dapat selaras dan harmoni dengan cita-cita Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan percepatan dalam mewujudkan Barito Selatan sebagai daerah maju dan mandiri, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera dan merata, memiliki daya saing dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Kepada semua komponen agar berpartisifasi aktif dalam pelaksanaan musrenbang desa dengan memberikan masukan dan usulan terhadap pembangunan,” harap Eddy Raya.

Eddy Raya sendiri bersama wakilnya, Satya Titiek Atyani Djoedir terus bergerak cepat guna mewujudkan Barito Selatan yang Dahani Dahanai Tuntung Tulus dalam pengertian kemandirian dalam pangan, sandang, kesehatan, pendidikan dengan dukungan infrastruktur yang andal. (Ben Progresif).

News Feed