oleh

Warga Binaan Rutan Demak, Getarkan Hati dengan Lantunan Ayat Suci

-Hukrim, Nusantara-332 views

Demak – koranprogresif.co.id – Alunan ayat-ayat suci Al Quran menggema di lingkungan Rutan Kelas IIB Demak Jawa Tengah, Jum’at (8/4/2022).

Dengan penuh kekhusukan, para warga binaan mengaji bersama-sama mulai pagi hingga siang hari untuk mengkhatamkan Al Quran.

Khataman Al Quran, merupakan suatu bentuk implementasi pembinaan kepribadian bagi warga binaan yang beragama Islam untuk menjadi manusia seutuhnya dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain khataman Al Quran juga dilaksanakan pembacaan arwah jamak. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap hari Jum’at bertempat di Mushola Rutan Demak.

“Kegiatan semacam ini di Bulan Ramadhan harus ditingkatkan guna membina ketaqwaan para warga binaan yang sedang tersandung hukum,” kata Riski, Kepala Rutan Demak.

Khataman dan pembacaan arwah jamak ini, jelas Riski, juga melatih para warga binaan untuk menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan kesadaran mereka bahwa apa yang telah mereka lakukan tidak bermanfaat dan merugikan orang lain.

“Harapannya ketika keluar nanti tidak akan mengulangi perbuatannya lagi,” ujar Riski.

Selain kegiatan khataman Al Quran dan pembacaan arwah jamak, bagi warga binaan yang tidak bisa mengaji juga diajarkan baca tulis Al Quran.

“Ada beberapa napi di Rutan Demak yang belum bisa membaca Al Quran, Kegiatan seperti ini penting bagi mereka untuk belajar melantunkannya,” terangnya.

Tak hanya para warga binaan, kegiatan tersebut turut pula diikuiti dan didampingi oleh Pegawai Rutan Demak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Ar).

Berita Lainnya