oleh

WALIKOTA: PRODESKEL GAMBARAN MENYELURUH TENTANG KARAKTER DESA DAN KELURAHAN

-Nusantara-212 views

 

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Seperti dijelaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Prodeskel (Profil Desa dan Kelurahan), bahwa Prodeskel merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA (Sumber Daya Alam), SDM (Sumber Daya Manusia), Kelembagaan, Prasarana dan Sarana, serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Penjelasan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Prodeskel Tahun 2018, bertempat di Hotel Balcony Kota Sukabumi beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kesempatan tersebut, PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., para Camat dan Lurah, para Nara Sumber dan para tamu undangan lainnya.

Dijelaskan pula, pendayagunaan data Prodeskel diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi kelurahan serta data tingkat perkembangan kelurahan, sebagai dasar pelaku pembangunan dalam mendukung perencanaan, pengorganisasian, kegiatan penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pelaksanaan evaluasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan dan lembaga masyarakat.

Namun demikian, penyusunan data Prodeskel ini, di Kota Sukabumi masih belum maksimal. Buktinya pada tahun 2017, yang mengisi data Prodeskel hanya 30 kelurahan atau hanya sebesar 90,9 persen dari 33 kelurahan yang ada di Kota Sukabumi. Sedangkan pada tahun 2018, tepatnya sampai dengan tanggal 19 November 2018, baru 17 kelurahan yang telah mengisi data Prodeskel atau baru sebesar 51,5 persen dari 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Sementara sisanya sebanyak 16 kelurahan, belum melakukan pengentrian dan pengisian data Prodeskel.

Lebih jauh dijelaskan, data Prodeskel ini sangat penting, sebagai sumber data untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam merencanakan pembangunan ke depan, dengan kualitas data profil yang baik, karena akan teridentifikasi berbagai permasalahan serta potensi setiap kelurahan.

Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh Camat dan Lurah yang belum mengisi data Prodeskel, agar segera melakukan pengentrian dan pengisian data Prodeskel Tahun 2018, dengan kualitas data yang baik. Karena kekurangtepatan data yang dientrikan dan diisikan, dapat berpengaruh terhadap perkembangan kelurahan, serta pada penetapan kebijakan pembangunan wilayah kelurahan. (Hms/MYS/Pepe S).

News Feed