oleh

Walikota Pimpin Apel Siaga Bencana 2018

-Nusantara-226 views

 

 

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menandaskan, kendati luas wilayah Kota Sukabumi sangat kecil, namun potensi kebencanaannya dikategorikan relatif cukup tinggi.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Kota Sukabumi beserta Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi, instansi dan lembaga terkait, serta PMI (Palang Merah Indonesia) dan Relawan, melaksanakan Apel Siaga Bencana Tingkat Kota Sukabumi, sebagai salah satu langkah preventif, tepatnya tanggal 22 November 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Dengan demikian, sebelum terjadi bencana, semua pihak sudah bisa mengantisipasinya.

 

Ditandaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi beserta Polres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Kota Sukabumi serta instansi dan lembaga terkait sangat sinergis dalam berbagai bidang, termasuk dalam penanganan kebencanaan.

 

Adapun potensi bencana yang sering terjadi di Kota Sukabumi khususnya bencana tanah longsor, antara lain di wilayah Kecamatan Cikole.

 

Namun demikian, Pemerintah Kota Sukabumi belum menetapkan status siaga bencana, baik untuk bencana banjir maupun untuk bencana tanah longsor, karena harus disesuaikan dengan kondisi dan volume bencana.

 

Selain itu juga ditandaskan, seluruh personil serta sarana dan prasarana sudah siap dan memadai, serta akan ditambah dan dilengkapi secara bertahap.

 

Dalam pada itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, Apel Siaga Bencana ini lebih dititikberatkan pada sinergitas Polri, TNI, Pemerintah Daerah serta instansi dan lembaga terkait, dalam menangani dan menanggulangi kebencanaan. Apalagi dalam kondisi tingginya intensitas curah hujan, potensi kebencanaan relatif cukup tinggi.

 

Dikatakan pula, penanganan dan penanggulangan bencana membutuhkan mobilisasi yang cepat dan sinergis dengan seluruh instansi dan lembaga terkait.

 

Disamping itu juga dikatakan, Polres Sukabumi Kota beserta instansi dan lembaga terkait, akan senantiasa berupaya optimal memberikan yang terbaik kepada masyarakat, dari mulai kesiapan personil, sarana dan prasarana hingga tenaga kesehatan dan yang lainnya. (Hms/MYS/Pepe S).

News Feed