oleh

WALIKOTA: PERINGATAN HPS SAAT YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN EVALUASI DAN INTROSPEKSI

-TNI Polri-112 views

 

Sukabumi – koranprogresif.co.id – Peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia) merupakan saat yang tepat untuk melakukan evaluasi dan introspeksi, bagi seluruh komponen pembangunan pangan di Kota Sukabumi, yakni sudah sampai sejauh mana kontribusi yang diberikan terhadap kondisi ketahanan pangan khususnya di Kota Sukabumi.

 

Untuk itu, tema yang diangkat dalam Peringatan HPS ini, yakni Pangan Sehat Untuk Kota Sukabumi Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera). Tema tersebut sangat tepat, sebab sesuai dengan asumsi masyarakat, yakni masih banyaknya permasalahan pangan, khususnya yang berkaitan dengan gizi keamanan mutu pangan di pasaran.

 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi saat memberi sambutan pada panen raya, dalam rangka memperingati HPS Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya hari Kamis, 22 November 2018, di Perumahan BTN Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

 

Dikatakannya, mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2017 terkait dengan pangan dan gizi, semua pihak harus terus melakukan sosialisasi advokasi dan edukasi, agar masyarakat memahami dan mampu melaksanakan kebijakan tersebut.

 

Selain itu, kebijakan strategis di bidang pemanfaatan pangan yang meliputi pola konsumsi pangan B2SA (Beragam,  Bergizi, Seimbang dan Aman), serta pengembangan jejaring informasi pangan dan gizi termasuk peningkatan pengawasan keamanan pangan, menjadi sesuatu yang sangat peting.

 

Sementara Kepala DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T. selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, Peringatan HPS ini dihadiri oleh unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, unsur Perguruaan Tinggi, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, para pelaku pangan, dari mulai produksi, distribusi dan pemanfatan pangan, serta para tamu undangan lainnya.

 

Dijelaskan pula, Peringatan HPS ini diisi panen raya oleh unsur FKPD Kota Sukabumi dan Ketua DPRD Kota Sukabumi, yang dilaksanakan pada Kelompok Tani Sinar Jayaraksa 2 Kelurahan Jayaraksa, bersamaan dengan kegiatan Gemar Makan Ikan.

 

Adapun maksud dan tujuannya, yakni untuk memfasilitasi dan mendorong terwujudnya pola konsumsi pangan B2SA, serta untuk meningatkan pengetahuan dan keterampilan termasuk sikap aparat pemerintah penyuluh pertaniaan, dalam upaya meningkatkan pengembangan dan pendampingan serta percepatan penganekaragaman konsumsi pangan B2SA. (Hms/MYS/Pepe S).

News Feed