oleh

WALI KOTA SUKABUMI MENGKUTI PEMBEKALAN KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DALAM NEGERI

-Nusantara-117 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Setelah Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H. berserta isterinya selama 3 hari tepatnya dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 14 November 2018 mengikuti Pelatihan dan Pembekalan Kepala Daerah Angkatan I Tahun 2018, kini giliran Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi beserta isterinya selama 4 hari tepatnya dari tanggal 25 sampai tanggal 28 November 2018 mengkuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Angkatan II Tahun 2018, yang mengambil tema, Melalui Pembekalan Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya.

Pembekalan yang diselenggarakan oleh BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) ini, dibuka secara resmi oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri), Tjahjo Kumolo, S.H., tepatnya tanggal 26 November 2018, di Kantor BPSDM Kemendagri, ditandai dengan Pemukulan Gong.

Pembekalan tersebut diikuiti oleh 150 peserta, yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Ketua DPRD se Indonesia.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam pembekalan ini, diantaranya Mendagri, Menkopolhukam (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan), Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), Menteri Keuangan, Kapolri, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan seluruh Bidang Kemendagri.

Mendagri,. Tjahjo Kumolo, S.H., dalam sambutannya menjelaskan, pembekalan ini merupakan salah satu skala prioritas Kemendagri. Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya pembekalan ini, untuk memberikan pemahaman bersama terkait fungsi Kemendagri, serta membangun hubungan Tata Kelola Pemerintahan Daerah dengan Pemerintah Pusat.

Disamping itu, juga untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas Aparatur Negara, serta sebagai salah satu wujud nyata reformasi mental, untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Kepala Daerah, dalam mengurus daerahnya masing-masing.

Sementara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menjelaskan, pembekalan ini sangat besar manfaatnya, terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan dan wawasan serta kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Kepala Daerah. Dengan demikian, Kepala Daerah dapat menjalankan birokrasi, sesuai dengan yang diharapkan oleh rakyat dan regulasi yang berlaku. Karena berbagai materi yang diberikan dalam pembekalan ini sangat baik dan berbobot.

Selain itu, dalam pembekalan ini juga dilakukan pembahasan kebijakan Kemendagri di berbagai bidang, diantaranya Bidang Sekretaris Jenderal, Bidang Pengawasan, serta Bidang Pengembangan SDM dan Otonomi Daerah. (Hms/MYS/Pepe S).

News Feed