oleh

Wakil Jaksa Agung Memberikan Arahan pada Penutupan Rakernis Bidang Intelijen Kejaksaan RI

Kalsel – koranprogresif.co.id – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Rudi Prabowo Aji beserta jajaran Bidang Intelijen mengikuti acara penutupan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen Kejaksaan RI Tahun 2021 dari Aula Kejaksaan Tinggi Kalimantan (Kalsel), Kamis (23 /9/ 2021).

Dalam acara ini, Jaksa Agung RI Prof. Dr. ST Burhanuddin, SH. MH. memberikan arahan yang disampaikan oleh Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia, Setia Untung Arimuladi, SH, M.Hum pada penutupan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen Kejaksaan RI Tahun 2021 dari Aula Lantai 10 Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Sebelum membacakan sambutan, Jaksa Agung RI, Wakil Jaksa Agung, RI Setia Untung Arimuladi, SH, M.Hum mengapresiasi penyelenggaraan Rakernis Bidang Intelijen Tahun 2021, yang diselenggarakan dengan baik, lancar, menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.
Setelah mengikuti Rakernis Bidang Intelijen Tahun 2021 selama 2 (dua) hari, Wakil Jaksa Agung menyampaikan kehadiran jajaran Intelijen se-Indonesia penuh semangat perubahan, kedepan transformasi Intelijen Kejaksaan mampu melakukan antisipasi, memprediksi berbagai kejahatan yang mengancam eksistensi negara.

Dengan Intelijen Digital, setidaknya Intelijen Kejaksaan telah menunjukan memodernisasi fungsi intelijen penegakkan hukum yang lebih efektif memberikan berbagai informasi yang akurat dan rahasia, serta sebagai mata dan telinga pimpinan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan panitia penyelenggara telah mengemas kegiatan ini dengan berbagai inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Mengawali arahannya, Wakil Jaksa Agung RI menyampaikan setelah 1 (satu) hari penuh kita fokus mengikuti setiap rangkaian acara, kegiatan secara bertahap dan berkesinambungan.

Berbagai masukan, arahan dan gagasan para peserta dan para narasumber telah disampaikan. Diskusi panjang membahas berbagai isu yang mengemuka untuk merumuskan solusi. “Saya harapkan hasil diskusi dan brainstorming tersebut mampu menjawab dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru sebagai jawaban atas berbagai permasalahan yang timbul di masa mendatang.
Walaupun Rakernis ini diselenggarakan secara singkat, namun saya mengapresiasi semangat dan dedikasi Saudara sehingga melahirkan rekomendasi yang inovatif, kreatif dan adaptif. Saya optimis seluruh rekomendasi yang telah dihasilkan dan dirumuskan dalam Rakernis ini dapat segera dilaksanakan dan menjadi panduan bagi para Jaksa dalam pelaksanaan tugas. Sehingga peran Bidang Intelijen sebagai intelijen penegakan hukum guna mendukung dan mengamankan kebijakan penyelesaian perkara pidana khusus, pidana umum dan perdata tata usaha Negara dapat terwujud,” ungkap Kabandiklat.

Wakil Jaksa Agung RI menambahkan, untuk optimalkan tugas dan fungsi Bidang Intelijen dalam melakukan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan guna pencegahan tindak pidana. Kerja keras dan komitmen saudara mutlak kita butuhkan. Jajaran intelijen harus mampu mendeteksi dan menghilangkan segala potensi ancaman, gangguan dan hambatan. Jangan biarkan potensi ancaman, gangguan dan hambatan berkembang menjadi ancaman, gangguan dan hambatan yang nyata.

“Untuk itu, mari kita manfaatkan kemajuan teknologi, sebagai penunjang efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas. Buat perencanaan yang matang, terstruktur dan terukur atas kebutuhan teknologi, jangan sampai kemajuan teknologi justru menjadi penghambat pelaksanaan tugas karena perencanaan yang tidak matang,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutan ini, diperintahkan agar seluruh jajaran Bidang Intelijen untuk betul-betul memedomani seluruh rekomendasi yang telah dirumuskan guna menjadi rujukan untuk meningkatkan kinerja jajaran bidang Intelijen agar, “Intelijen Digital, Kejaksaan Optimal” dapat teraplikasikan secara nyata.
Wakil Jaksa Agung RI berpesan agar saudara-saudara dapat segera mengaktualisasikan hasil rekomendasi Rakernis di tempat tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, segera laporkan hasil pelaksanaan untuk bahan evaluasi pimpinan,” pungkas Mantan Kajati Jabar ini.

Selesai Acara penutupan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen, Kepala Kejaksaan Tinggi kalimantan Selatan, Rudi Prabowo Aji melalui Asisten Intelijen Kejati (Asintel) Kalsel, Abdul Rahman secara singkat menuturkan, apa yang menjadi hal pokok disampaikan oleh pimpinan kami, akan segera kami laksanakan didaerah tentunya semua memiliki tujuan guna membawa institusi kejaksaan kearah yang lebih baik, ujarnya. (MN).

Berita Lainnya