oleh

Verifikasi ODF Terus Digencarkan, Hilangkan Kebiasaan BAB Sembarangan

Magelang – koranprogresif.co.id – Kegiatan verifikasi ODF (Open Devication Free) atau Bebas Buang Air Sembarangan (BBABS) kembali dilaksanakan, kali ini dilaksanakan di desa Munengwarangan Kecamatan Pakis, Kamis (12/09).

Dalam kegiatan verifikasi yang dilaksanakan hari ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pakis, drg. Dyah Puspitasari beserta 5 orang staf, Kanit Binmas Polsek Pakis, Ipda Tri Haryanto, Kepala Desa Munengwarangan, Aman Slamet beserta perangkat, Babinsa, Serma Sutadi, Babhinkamtibmas, Aipda Eko Prsetyo.

Hasil verivikasi yang dilaksanakan di Desa Munengwarangan diketemukan ada 2 keluarga yang masih menggunakan JSSP (Jamban Sehat Semi Permanen).

Dinas Kesehatan Kecamatan Pakis yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas, drg. Dyah Puspitasari memberikan waktu satu minggu kepada 2 keluarga tersebut untuk memperbaiki, sehingga nanti bisa menjadi JSP (Jamban Sehat Permanen) yang pada akhirnya desa tersebut bisa dilaporkan menjadi desa ODF.

Dalam menindak lanjuti hal tersebut, diperlukan kerjasama dan koordinasi antara pemerintah desa dengan instansi terkait guna mempercepat proses perbaikan jamban yang belum permanen.

“Dalam hal ini diperlukan koordinasi antara pemerintah desa dengan instansi terkait guna membantu warga dalam memperbaiki jamban menjadi permanen, sehingga akan ringan dan cepat terselesaikan,” jelas drg. Dyah Puspitasari.

Sementara itu, Babinsa Munengwarangan, Serma Sutadi mengatakan, jika warga yang belum mempunyai jamban yang permanen akan dibantu melalui program jambanisasi yang dilaksanakan oleh Kodim 0705/Magelang melalui jajaran Koramil-Koramil di setiap wilayah ditingkat kecamatan.

“Bagi warga yang belum mempunyai jamban permanen akan saya usulkan ke Kodim Magelang untuk diberikan bantuan melalui program jambanisasi yang sudah diprogramkan oleh Kodim 0705/Magelang,” ungkap Serma Sutadi. (Red)

News Feed