oleh

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2018 DI MONUMEN JENDRAL SUDIRMAN PACITAN

-TNI Polri-387 views

Pacitan – koranprogresif.co.id – Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar Upacara di Monumen Jendral Sudirman Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Drs. H. Indartato, MM, Bupati Pacitan, sementara itu Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Nurhadi Sugiono, S.H, Danramil 0801/11 Donorojo, sedangkan pejabat Perwira Upacara: Kapten Arh. Hendi Kurniawan Danramil 0801/03 Arjosari.

Upacara peringatan 10 November di Monumen Panglima besar Jendral Sudirman di Nawangan dengan tema “Semangat Pahlawan Di Dadaku”, diikuti sekitar 1.500 orang. Pasukan upacara terdiri dari, 2 SST Kodim 0801 Pacitan, 2 SST Polres Pacitan, 1 SST Satpol-PP Kab Pacitan, 1 SST Dishub Pacitan, 1 SST Linmas, 1 SSK Korpri, 1 SST Perangkat Desa, 1 SST Ibu PKK, 1 SST Benser, 2 SST Perguruan Silat dan 3 SSK Siswa Siswi SD, SLTP, SLTA. untuk Korsik dipercayakan SMK 1 Nawangan.

Tampak hadir pada Peringatan Hari Pahlawan tersebut Drs. H Indartato, MM (Bupati Pacitan) beserta Ibu Luki Indartato, Drs. H Yudhi Sumbogo (Wakil Bupati Pacitan) besrta ibu Ninik Yudhi Sumbogo, Roni Wahyono (Ketua DPRD Kab.Pacitan) beserta Ibu, Drs. Suko Wiyono,MM (Sekda Kab. Pacitan) beserta Ibu, Letkol Kav. Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang (Dandim 0801/ Pacitan), Gagarin, S.Sos (Wakil Ket.DPRD Kab.Pacitan), Kompol Hendry Soelistiawan, SE (Wakapolres Pacitan), Mayor Inf. Tomy Fedi Anugrahan, SE (Kasdim 0801/Pacitan), Pejabat Eselon II dan III Pemda Kab. Pacitan, Camat se-Kab. Pacitan, Seluruh Pa Staf dan Danramil jajaran Dim 0801/ Pacitan, seluruh Kabag, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Pacitan, Ketua Komisi dan Anggota DPRD Pacitan, Imam Haryono (Ketua DHC BPK’ 45 Kab.Pacitan) dan Anggota, Muhammad Rofiqin (Ketua KNPI Kab.Pacitan), Toga Tomasy Kab Pacitan.

Sebelum Pembacaan Amanat menteri Sosial Indonesia oleh Inspektur Upacara dilaksanakan Penyerahan tandu duplikat Jendral Sudirman dari KNPI kepada Pemerintah Daerah Kab Pacitan, yang didahului sebelumnya Pembacaan pesan-pesan Pahlawan.

Dalam Amanatnya, Menteri Sosial yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaika:

Ucapan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rakhmat dan karunia Nya, bangsa Indonesia dapat memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember Tahun 2018 dengan tujuan untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaanya.

Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului.

Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta Mengheningkan Cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat dilaksanakan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri, rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi, namun subfansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai
kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang.

Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis, oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan.

Selanjutnya transformasi kecerdikan para
pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati diri, mempunyai karater lokalyang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial
bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan.

Dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry.

Pada akhirnya, melalui momentum Peringatan Hari
Pahlawan, mengajak untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa, mulai dari lingkungan terdekat dan pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan
negara.

Mengucapkan selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, mengobarkan semangat pahlawan didada, toreh prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial, semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah. (Red).

News Feed