oleh

UNSUR KRI KOLINLAMIL ASAH SKILL, LATIHAN PERAN PEMERIKSAAN DAN PENGGELEDAHAN SASARAN

-Mitra tni-75 views

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, 28 September 2021 – Satya Wira Jala Dharma – Pertajam skill, Prajurit KRI Satlinlamil 1 Jakarta latihan peran penggeledahan dan pemeriksaan dalam upaya penegakan hukum dilaut.

Prajurit KRI Teluk Manado 537, KRI Mentawai 959 dan KRI Tanjung Kambani 971 melaksanakan latihan Visit Board Seize dan Search (VBSS) ini di Dermaga Beaching, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (28/9). Latihan khusus tentang pemeriksaan tempur laut (Rikpurla) ini diikuti 30 prajurit. Latihan yang akan berlangsung pada tanggal 27 September — 1 Oktober 2021 ini digelar di masing-masing unsur KRI.
Komandan Satlinlamil 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi mengatakan bahwa latihan ini bertujuan membina kemampuan dan profesionalisme prajurit Satlinlamil 1 Jakarta dalam kerjasama dan ketanggapsegeraan dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan pemeriksaan di laut.

“Personel yang sudah ditunjuk mengikuti latihan agar serius dalam mengikuti latihan, secara teori maupun praktek lapangan, setiap instruksi dari instruktur atau pelatih dicamkan baik-baik. Supaya nanti pada saat keadaan sesungguhnya tidak ada keraguan dalam pelaksanaannya,” ujar Komandan Satlinlamil 1 Jakarta. Materi yang diberikan dalam latihan diantaranya tentang prosedur pemeriksaan dan penggeledahan terhadap sasaran yang melakukan pelanggaran dilaut.

Sebelum melaksanakan peran pemeriksaan penggeledahan terhadap sasaran, tentu para prajurit akan melakukan ship boarding. Yang merupakan kemampuan cara memanjat di kapal yang menjadi keahlian personal maupun tim untuk melaksanakan penyelamatan dan pemeriksaan personel maupun dokumen yang ada di kapal pada saat pelaksanaan pemeriksaan tempur laut sesuai standar operasional.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma berpesan, para prajurit Kolinlamil yanv melaksanakan berbagai latihan untuk selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan. “Utamakan safety dan zero accident dalam setiap latihan” tandas Panglima Kolinlamil.

(Red)

News Feed