oleh

TUNTASKAN PROGRAM VAKSINASI, LANTAMAL VIII GELAR VAKSINASI COVID-19 DOSIS PERTAMA HINGGA BOOSTER

-Mitra tni-178 views

 

Manado – Koranprogresif.co.id, 28 Maret 2022 – Upaya untuk menuntaskan program vaksinasi nasional terus dilaksanakan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado dan jajarannya melalui vaksinasi dosis pertama hingga ketiga (booster). Kegiatan vaksinasi tersebut difokuskan dibeberapa daerah yang menjadi wilayah Lantamal VIII. Senin (28/3)

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengatakan selain menuntaskan program vaksinasi kegiatan yang dilaksanakan Lantamal VIII dan jajaran ini sebagai upaya memberikan herd immunity kepada masyarakat sehingga dapat mengurangi resiko terpapar Covid-19. Selain itu kegiatan ini juga sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yakni “Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru di kalangan TNI AL”.

Vaksinasi Covid-19 Lantamal VIII dan jajarannya hari ini dimulai dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo yang menggelar di Lapangan Taruna Kota Gorontalo. Menurunkan vaksinator dan tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Gorontalo, berhasil memberikan vaksin kepada 142 orang, terdiri dari 21 orang menerima dosis pertama, 43 orang menerima dosis kedua dan 78 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Pfizer dan Moderna.

Selanjutnya vaksinasi Covid-19 di Rumkital dr. Wahyu Slamet Bitung telah memberikan vaksin kepada 41 orang, dimana lima orang menerima dosis pertama, delapan orang dosis kedua dan 28 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Covovax.

Kemudian Lanal Tahuna pada hari ini melaksanakan vaksinasi di Kantor Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tahuna, Jalan Boulevard Tahuna, Kelurahan Tidore, Kecamatan Tahuna Timur, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pada kegiatan tersebut berhasil memberikan vaksin dosis ketiga kepada 39 orang dengan menggunakan vaksin Pfizer.

Sementara itu vaksinasi yang dilaksanakan di dalam pangkalan diantaranya Dinas Kesehatan Lantamal VIII bertempat di Balai Kesehatan telah memberikan vaksin kepada 20 orang, lima orang menerima dosis pertama, tujuh orang dosis kedua dan delapan orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Moderna dan Covovax.

Demikian halnya Lanal Tolitoli di Balai Pengobatan Lanal, pada hari ini telah memberikan vaksin dosis kedua kepada 12 orang menggunakan vaksin Covovax. Begitu juga dengan Lanal Melonguane di Balai Pengobatan Lanal telah tervaksin delapan orang, satu orang menerima dosis pertama, dua orang menerima dosis kedua dan lima orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Pfizer.

Selama proses pelaksanaan vaksinasi yang digelar Lantamal VIII dan jajarannya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan sampai dengan berakhirnya pelaksanaan tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi.

(Red)

Berita Lainnya