oleh

TNI AL, PANGKALAN TNI AL (LANAL) BATUPORON LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2023

-Mitra tni-58 views

 

Batuporon – Koranprogresif.co.id, 16 Januari 2023 Bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanal Batuporon, Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, M.Tr.Hanla, CHRMP., memimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023 yang diikuti oleh seluruh prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Batuporon. Senin (16/1/2023)

Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 15 Januari digelar secara sederhana dan hikmat, bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanal Batuporon di bawah Komandan Upacara Kapten Laut (S) Suhandono, serta Perwira Upacara Letda Laut (P) M. Holifah yang diiukuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Pleton Perwira, Pleton Bintara dan Tamtama/PNS Lanal Batuporon.

Dalam amanat Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M. Tr.Opsla., yang dibacakan oleh Danlanal Batuporon mengatakan bahwa, “Peringatan Hari Dharma Samudera kita gunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharma-bhaktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara. Hari ini enam puluh tahun yang lalu, satu peristiwa di laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan. Dengan kapal yang jauh lebih kecil, sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan Armada Belanda. Dengan lantang, Komodor Yos Soedarso berseru, *_“KOBARKAN SEMANGAT PERTEMPURAN!!!”_*. Satu pekik yang membakar semangat Perlawanan Prajurit RI Matjan Tutul.

“Kasal juga menekankan kepada setiap Prajurit Jalasena Samudera yang menjadi garda terdepan di semua palagan…, yang mengamankan laut-laut perbatasan…, yang mengawal pulau-pulau terluar…, yang menjaga perdamaian dunia…, yang menjamin tegaknya hukum di setiap penjuru laut nusantara…,dan para prajurit dimanapun kalian berada.., laut adalah medan dharma bhakti kita… jangan biarkan satu yard-pun laut kita tak terjaga…, jangan biarkan kekayaan alam kita dirampas dengan semena-mena…, jangan biarkan sedetik-pun keamanan laut tidak kita pelihara… “kobarkan terus semangat pengabdian yang tulus demi kejayaan bangsa Indonesia” ujar Kasal.

(Red)

Berita Lainnya