oleh

Tips Merawat Handphone agar Tidak Cepat Rusak

-Opini-465 views

Apakah Anda sedang mencari tips merawat handphone? Di era sekarang, penggunaan smartphone memang sangat tinggi. Hal ini karena kebutuhan dalam menggunakannya sangat meningkat. Tidak heran jika setiap orang bisa mempunyai lebih dari satu smartphone. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk merawat benda canggih tersebut.

Alhasil, dalam waktu singkat smartphone tersebut cepat rusak. Belum lagi perangkatnya yang membuat penggunaan smartphone menjadi lemot. Hal ini karena smartphone tidak dijaga dengan baik dan sebagaimana mestinya. Padahal, menjaga smartphone bisa membuat penggunaannya lebih tahan lama dan kapasitas ruang tidak akan cepat habis.

Tips Merawat Baterai Handphone

Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada smartphone adalah masalah baterai. Jika smartphone dengan jenis baterai cabut tentunya bisa menggantinya saat ada masalah atau rusak. Lalu, bagaimana dengan smartphone yang menerapkan baterai tanam seperti Redmi Note 11 Pro dan smartphone lainnya? Nah, berikut beberapa cara untuk merawatnya.

1. Menggunakan Charger Original

Tips merawat smartphone yang bisa dicoba agar baterainya tidak bermasalah adalah menggunakan charger original. Beberapa orang mungkin merasa charger original dengan charger KW sama saja. Apalagi jika dilihat dari segi harga, jelas charger KW lebih murah dibandingkan dengan charger original.

Hal ini pula yang membuat banyak orang memilih charger KW dibandingkan dengan aslinya. Padahal menggunakan charger original sudah pasti kualitasnya sangat bagus. Berbeda dengan charger KW yang kualitasnya belum tentu terjamin. Alhasil, baterai smartphone agar lebih cepat rusak.

Selain karena charger, masalah baterai juga bisa terjadi karena penggunaan powerbank. Hal ini karena penggunaan powerbank terlalu sering bisa menimbulkan rasa panas sehingga memicu kerusakan. Jika ingin menggunakannya sebagai solusi saat sedang di luar, usahakan untuk mengatur penggunaan hanya dalam keadaan mendesak saja, ya.

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara merawat HP android agar tidak lemot bisa dilakukan dengan menghapus sejumlah aplikasi. Sering kali beberapa orang mengunduh aplikasi yang populer dan menyenangkan. Namun, penggunaan aplikasi tersebut tidak bertahan lama. Alhasil, aplikasi itu mengendap di ponsel tanpa tahu kapan akan digunakan kembali.

Oleh karena itu, hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak terpakai. Karena aplikasi itulah yang akan memakan banyak ruang sehingga membuat smartphone lebih cepat lemot. Selain itu, perhatikan juga aplikasi apa saja yang bisa membuat baterai menjadi boros. Anda bisa menghentikan aplikasi tersebut agar smartphone tidak lemot.

Ada lagi tips merawat handphone yang bisa dicoba, yakni dengan membersihkan cache aplikasi. Jika cache aplikasi berisikan data yang besar, Anda bisa menghapusnya dengan mudah. Cara ini setidaknya bisa membantu agar smartphone bertahan lama dan tidak mudah lemot.

3. Mengurangi Penggunaan Widget dan Animasi

Tahukah Anda salah satu penyebab smartphone mudah lemot adalah widget dan animasi? Meski kedua unsur tersebut membuat tampilan smartphone menjadi lebih menarik dan cantik, tapi keduanya juga mempunyai risiko tersendiri. Menggunakan widget pada smartphone berpotensi memakan banyak ruang dan kapasitas. Alhasil, ponsel akan cepat lemot.

Sementara penggunaan animasi akan memakan memori dalam jumlah besar. Apalagi jika menggunakan animasi bergerak. Tentunya tidak hanya ruang yang habis tapi juga baterai lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

Oleh karena itu, cara menjaga hp agar tidak cepat rusak bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan keduanya. Dengan begitu, smartphone pun bisa digunakan secara optimal.

4. Mengisi Daya Sesuai Kebutuhan

Ternyata, tidak sedikit orang yang salah dalam melakukan pengisian daya baterai. Apakah Anda salah satunya? Setiap orang pasti berpikiran mengecas smartphone yang bagus adalah ketika sudah mencapai 100%.

Nyatanya, hal tersebut bisa membuat smartphone menjadi tidak awet, lho. Karena lapisan lithium ion bisa menurun kapasitasnya saat mendapatkan tegangan tinggi. Jadi, cara merawat hp baru agar tidak mudah rusak adalah dengan memperhatikan pengisian daya. Pastikan untuk mengisi daya saat kondisi baterai kisaran 30-40%.

Jangan saat baterai benar-benar kosong baru mengisinya, ya. Selain itu, usahakan untuk mengisi daya hanya sampai 80% saja. Tujuannya agar voltase atau tegangan tetap rendah sehingga baterai akan terasa lebih awet.

5. Membersihkan Debu yang Menempel Secara Berkala

Tips lainnya yang bisa Anda coba lakukan pada Redmi Note 11 Pro agar lebih awet adalah dengan membersihkan debu pada smartphone. Hal ini karena debu bisa membuat perangkat menjadi lebih mudah panas sehingga bisa berakibat pada lemot. Jadi, cobalah untuk membersihkan debu yang menempel di bagian dalam komponen.

Setelah mengetahui cara untuk merawat smartphone Redmi Note 11 Pro, apakah Anda ingin mencoba membelinya? Jika iya, salah satu marketplace online yang bisa dicoba adalah Blibli. Pastinya marketplace satu ini sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Apalagi Blibli termasuk marketplace online yang banyak digunakan sebagai solusi belanja online.

Selain itu, keunggulan dari marketplace Blibli terletak pada produk elektroniknya. Jadi, Anda tidak perlu ragu atau pun khawatir karena membeli smartphone di aplikasi tersebut. Belum lagi terdapat gratis ongkos kirim dan harga yang cukup terjangkau. Alhasil, konsumen bisa mendapatkan pengalaman belanja terbaik melalui Blibli. Sudahkah Anda mencobanya?

Selain beberapa tips merawat handphone di atas, Anda juga bisa memperhatikan aksesoris seperti case smartphone. Pemilihan case yang tidak sesuai akan membuat smartphone lebih cepat rusak. Jadi, terapkan cara di atas agar smartphone bisa bertahan lebih lama, ya. Tentunya penggunaannya pun masih terasa maksimal meski sudah berapa tahun digunakan. ***

Berita Lainnya