oleh

Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PT. PLN Berhasil Revitalisasi GIS 150kV Darmogrande

-Nusantara, Sosbud-452 views

Surabaya – koranprogresif.co.id – PT. PLN (Persero) berhasil menyelesaikan Proyek Revitalisasi GIS (Gas Insulated Switchgear) 150kV Darmogrande.

Proyek Revitalisasi GIS ini dilatarbelakangi semakin bertambahnya beban yang harus dilayani di wilayah Surabaya Barat, sehingga harus didukung dengan kondisi peralatan yang baik dan andal untuk tetap menjaga keandalan pasokan energi listrik.

Dengan melakukan pemeliharaan aset GIS 150kV Darmogrande secara menyeluruh pada kompartment yang telah beroperasi selama kurang lebih 30 tahun, diharapkan kinerja GIS 150 kV Darmogrande semakin baik, terjaga kontinuitas penyaluran dan umur instalasi GIS yang lebih panjang.

Selama pekerjaan berlangsung, kolaborasi PLN Group dilakukan antara PLN UP2B Jawa Timur, PLN UIT JBM, PLN UP2D Jawa Timur dan PLN UID Jawa Timur, dengan melakukan pengaturan beban konsumen sehingga konsumen di sekitar Surabaya Barat tidak mengalami pemadaman.

Serangkaian pekerjaan dalam Proyek Revitalisasi GIS berhasil dirampungkan dalam waktu kurang lebih 2,5 bulan, dimulai sejak tanggal 31 Mei 2022 sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022.

“Tahap lanjutan dari proses Revitalisasi GIS 150kV Darmogrande adalah Energize GIS yang akan dilakukan secara bertahap, dimulai sejak tanggal 08 Agustus 2022 dan rencana akan selesai sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022,” ungkap Manajer UP2B Jawa Timur, Wuri Prasetyo C.P.

Lebih lanjut, Manajer UP2B Jawa Timur menjelaskan, Pekerjaan ini dilakukan untuk menjaga keandalan sistem penyaluran tenaga listrik 150kV/20kV, terutama pelanggan VIP PLN, diantaranya pusat bisnis dan perbelanjaan Pakuwon 1&2 serta Ascott Waterplace yang memegang peranan pergerakan perekonomian kritikal di wilayah Surabaya Barat.

“Ini juga merupakan upaya PLN dalam mendukung perekonomian yang diprediksi akan semakin meningkat di wilayah Surabaya Barat, sejalan dengan perubahan pandemi menjadi endemi, terutama untuk pelanggan – pelanggan bisnis,” tutup Wuri. (Van).

Berita Lainnya