oleh

Tewas Tertembak, Terduga Teroris Perempuan Menyerang Mabes Polri

-Hukrim, Nasional-926 views

Surabaya – koranprogresif.co.id – Kepala Kepolisian RI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan kronologi terduga teroris yang menerobos masuk dan beraksi di markas mabes polri. Insiden itu terjadi pada rabu (31/03/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Sigit mengatakan, terduga teroris berjenis kelamin perempuan masuk dari pintu belakang dan berjalan ke arah pos gerbang utama. “Yang bersangkutan kemudian menanyakan di mana keberadaan kantor pos dan oleh anggota dan ditunjukkan jalan,” ungkap Kapolri pada jumpa pers Jakarta Selatan, Rabu (31-03- 2021).

ZA, terduga teroris, sempat meninggalkan pos gerbang utama, namun beberapa saat kemudian ia kembali dan melepaskan tembakan sebanyak enam kali ke arah petugas pejaga pos.

“Dua kali kepada anggota di dalam pos, dua kali ke luar, dan dua kali kepada anggota yang berada di belakangnya. Kemudian terhadap tersangka, petugas menembak yang bersangkutan,” kata Sigit.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), diketahui pelaku berinsial ZA berumur 25 tahun. Sigit mengatakan, berdasarkan dari hasil profiling, ZA merupakan lone wolf yang berideologi radikal ISIS. Hal tersebut diketahui ketika petugas menyusuri unggahan ZA di media sosial dan diduga menggunggah foto berbendera ISIS.

Lanjutnya, ZA membawa map berwarna kuning ketika beraksi. Di dalam map tersebut terdapat amplop yang bertulis kata-kata. Dengan demikian, Sigit tak menjelaskan isi amplop tersebut.

“Saya sudah perintahkan Kepala Detasemen Khusus untuk mendalami dan mengusut tuntas terhadap kemungkinan adanya kelompok dalam jaringan terkait ini,” ujar Kapolri Sigit. (Red/Maksimus Lewogete).

News Feed