oleh

Terus Berjuang Perangi PMK, Koptu Sigit Purnomo Dampingi Nakeswan Lakukan Vaksinasi Ternak Sapi

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Babinsa Desa Tenggarejo, Koptu Sigit Purnomo, anggota Koramil Tipe B 0807/18 Tanggunggunung bersama perangkat desa, dokter hewan dan mantri hewan melaksanakan kegiatan vaksinasi ternak sapi secara door to door ke rumah para peternak di Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (27/07/2022).

Demi lancarnya kegiatan, Koptu Sigit bersama perangkat desa mendampingi pelaksanaan kegiatan vaksinasi ternak dari Tim Puskeswan Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan sinergitas ini dilaksanakan dalam rangka mencegah meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Tulungagung khususnya di wilayah Desa Tenggarejo.

Pagi ini terdata ada 217 ekor ternak sapi tervaksin di Desa Tenggarejo, tim vaksinator didampingi Babinsa dan perangkat desa terus bersinergi melawan PMK.

Selain memberikan vaksinasi kepada hewan ternak, Koptu Sigit Purnomo bersama petugas menghimbau kepada peternak untuk tidak panik jika timbul gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya. Diharapkan, apabila ada gejala PMK segera melaporkan ke petugas kesehatan hewan agar dapat ditangani secara dini.

Selain itu, para peternak hendaknya bisa mengantisipasi dan melakukan pencegahan terhadap perkembangan penyakit PMK dengan cara membersihkan kandang dan menyemprot kandang dengan disinfektan.

“Untuk pencegahan bisa dengan rajin membersihkan kandang dan menyemprotnya dengan disinfektan,” ungkap Koptu Sigit Purnomo. (Red).

Berita Lainnya