oleh

Terimakasih Kepada Dinas Pertanian Provinsi Lampung, Tanah Tandus Bisa Subur

-Nusantara-280 views

Lampung Selatan – koranprogresif.co.id – Pelatihan pembuatan agen hayati yang dilaksanakan UPTD Balai Proteksi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung mulai dirasakan manfaatnya oleh petani binaan.

Salah satunya petani binaan Desa Organik di Desa Penengahan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, yang memanfaatkan pupuk organik dari kotoran hewan (kohe) dan agen hayati cair yang diolah sendiri oleh petani, dengan lantaran memanfaatkan agen hayati cair dan pupuk organik petani bisa menyuburkan tanah.

Hal ini dikatakan Ahmad Widodo, selaku fasilitator Desa Organik 2019 dan Ketua KTNA Kecamatan Penengahan pada Sabtu (15/02/20).

“Tanah ini kemarin adalah timbunan dari tanah galian , kami manfaatkan agen hayati cair yang kami produksi sendiri dari bahan yang ada disekitar kita, dari akar bambu dan lainya. Agen hayati yang sudah jadi kami semprotkan dilahan yang tandus, kita tambah pupuk organik dengan tekoderma dan kapur dolomit. Alhamdulillah lahan bisa ditanami jagung dan bisa subur,” terangnya.

Di katakan juga oleh Ketua KTNA Kecamatan Penengahan dan Humas KTNA Kabupaten Lampung Selatan ini. “Ini atas bimbingan Ibu Siti Irmalia dan Pak Maman beserta jajaran, kami diajari memproduksi agen hayati dan pupuk organik yang baik. Kami ucapkat terimakasih kepada Dinas TPH dan Bun Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, semoga ini bisa menular ke saudara petani kita semua disekitar kami,” imbuhnya.

Ahmad Widodo juga mengajak kepada petani yang lahan pertanianya sudah kritis, agar memanfaatkan agen hayati dan pupuk organik.

“Kepada petani yang lahanya sudah kritis mari kita manfaatkan agen hayati guna memulihkan kesuburan tanah, mau buat sendiri lebih bagus atau beli di kios silahkan, tapi ayo kita suburkan lagi tanah kita demi generasi kita yang akan datang,” pungkasnya. (Hadi K).

News Feed