oleh

Tak Sesuai Peruntukan, Dewan Minta Distan Tarik Bantuan Zondernya

-Nusantara-145 views

Kapuas – koranprogresif.co.id – Terjadinya kerusakan jalan menuju tiga desa diwilayah Kecamatan Bataguh yaitu Terusan Mulya, Terusan Makmur, Terusan Karya mendaptkan sorotan pedas dari DPRD Kabupaten Kapuas.

Sebab, kerusakan yang harusnya tidak terjadi ini sebenarnya dapat diantisipasi kalau saja alat pertanian bantuan Dinas Pertanian tidak melintasi jalan tersebut, akibat selalu dilewati bahkan dengan muatan yang berlebihan membuat struktur jalan utama tersebut hancur, bahkan sepeti kubangan kerbau.

Demikian yang dikatakan oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto saat dibincangi media ini Senin (22/4) melalui telepon.

Menurutnya, dirinya sangat menyayangkan terjadinya kerusakan jalan di tiga desa tersebut, karena dengan kepala dan matanya sendiri secara langsung melihat armada zonder milik Dinas Pertanian yang dipakai oleh salah seorang oknum dianggapnya tidak sesuai peruntukannya yaitu dengan membawa muatan melintasi jalan poros utama penghubung desa tersebut.

Diterangkanya lagi bahwa, awalnya jalan yang dapat dilalui dengan baik, namun kini rusak. Padahal jalan tersebut akses masyarakat dan kerusakan tidak diperbaiki dan dengan kondisi sepeti kubangan tersebut justru terus diperparah dengan tetap saja dilewati jonder membawa hasil pertanian melalui jalan negara, sehingga bertambah rusak dan tentu saja dikeluhka oleh banyak warga.

Parahnya lagi, sebagaimana hasil konfirmasinya ke para petani justru banyak lahan mereka yang ada di desa terusan tidak bisa digarab pakai mesin jonder.

“Maka dari itu, lebih baik di tarik saja lagi daripada buat angkutan padi dampakya manghancurkan jalan.

Selain itu juga, penyedianya saya anggap tidak efektif untuk dilahan pertanian wilayah terusan, karena kondisi lahan yang labil dan justru dimanfaatkan untuk hal tidak semestinya,” katanya.(Heryadie)

News Feed