oleh

Tak Mampu Berobat, Seorang Nenek Menderita Sakit Berbulan – Bulan

Buntok – koranprogresif.co.id – Berat nian cobaan yang diterima Asturi (57 thn), beruntung perempuan tua yang tinggal di Jalan Jaya Karsa Gang Melati Buntok Barito Selatan (Barsel) ini dipertemukan dengan seorang perempuan ringan tangan bernama Martilah. Berkat Martilah lah kini penyakit diabetes yang menyebabkan kelumpuhan hingga terganggunya penglihatan mata Asturi mulai dapat pertolongan pertama dari berbagai pihak secara donasi.

Adalah, Martilah dan suaminya yang pertama kali mengetahui dan mendengar kabar tentang Asturi ini. Kebetulan, Martilah adalah teman baik dari anak angkat Asturi yang hidup terpisah dengan Asturi karena menetap di Kota Palangka Raya.

Menurut Martilah yang juga berkerja sebagai relawan Muhammadiyah dan anggota PMI di Buntok ini, dirinya dan suaminya sebenarnya sudah cukup lama mengetahui dan melapor tentang kondisi dan keadaan Asturi kepada pihak-pihak yang terkait. Namun karena sedang suasana Covid-19, penanganan terhadap Asturi baru dapat dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak.

“Kita semua berterima kasih kepada PMI Barito Selatan, Relawan Muhammadiyah Buntok, Pemerintah Kelurahan Hilir Sper yang telah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Dusun Selatan dalam membantu Ibu Asturi,” ucap Martilah.

Pantauan koranprogresif.co.id, sedari pagi hingga menjelang siang, tempat tinggal ibu Asturi yang sederhana ramai dikunjungi warga. Selain Relawan Muhamadiyah dan Sekretaris PMI Barsel, Asbi, tampak pula Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Hilir Sper, Helfansyah, A. Md.

Para relawan Muhammadiyah membersihkan rumah tempat tinggal Asturi yang sebelumnya terlihat kotor dan berantakan, sementara yang lainnya juga membantu memandikan dan melakukan tindakan perawatan terhadap penyakit dibetes yang diderita Asturi.

Banyak donator yang memberikan berbagai bantuan ala kadar kepada Ibu Asturi. Selain ada yang menyumbang kursi roda, Ibu Asturi juga menerima bantuan barang makanan dan sedikit uang.

“Setelah ini kami laporkan lagi ke pihak Puskesmas Buntok Kota, agar mendapatkan layanan program Promosi Kesehatan (Promkes) dari pihak Puskesmas, agar mendapatkan tindakan kesehatan berkala bagi Ibu Asturi ini,” kata Helfansyah, A.Md.

Sebagaimana koordinasi dengan Kecamatan Dusun Selatan, Helfansyah memastikan bahwa, pihaknya akan memantau dan mengumpulkan donasi agar Kasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kelurahan Hilir Sper dapat fokus membantu dan meringankan beban beliau dimasa sulit seperti saat ini.

“Kami juga akan melaporkan setiap perkembangan kondisi beliau (Ibu Asturi, red) ke Kecamatan,” ucap Helfansyah.

Ditempat yang sama, Sekretaris PMI Barsel, Asbi Hairi mengatakan bahwa, pihaknya hanya dapat membantu penanganan pada pertolongan pertama dalam membantu ibu Asturi.

Namun Asbi menyatakan bahwa, PMI Barsel akan selalu siap sedia kapanpun dan dimanapun apabila dibutuhkan dalam membantu Ibu Asturi, ujarnya. (Assj/Ben Progresif).

News Feed