oleh

Suami Dhawiyah, Muhammad bin Anis Basurah Dituntut 7 Tahun Penjara oleh JPU

Jakarta – koranprogresif.co.id – Muhammad bin Anis Basurah yang tak lain suami dari Dhawiyah Zaida, anak dari ratu dangdut Elvi Sukaesih bersama dengan rekannya Moch Syafik menjalani sidang tuntutan atas kepemilikan narkotika jenis sabu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Haktim), Senin (15/06/2020).

Sidang online yang digelar diruang sidang Oemar Seno Adji dilakukan secara vidio confrens (vicon) dengan terdakwa berada dirumah tahanan Cipinang, sedangkan Majelis Hakim dan Jaksa Penuntut Umum berada di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rianiully Naretta dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menuntut masing-masing para terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun dan denda sebesar satu milyar rupiah subsider 6 bulan penjara, karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotika pasal 114, 112 jo 132 Undang – Undang Republik Indonesia no 35 tahun 2009.

Sementara hal yang memberatkan para terdakwa adalah, Indonesia dalam keadaan darurat narkotika, perbuatan para terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pemberantasan penyalahguna narkotika serta para terdakwa sudah pernah dihukum dalam perkara narkotika.

Yang meringankan para terdakwa, berlaku sopan dan mengakui menyesali perbuatannya.

Atas tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), Hakim Sutikna yang memimpin persidangan memberikan kesempatan pada para terdakwa dan penasehat hukumnya untuk menyiapkan atau menyatakan nota pembelaan, pada Senin pekan depan.

Sebelumnya, Muhammad bin Anis Basurah dan Dhawiyah Zaida juga pernah di vonis atas kasus narkotika oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur selama 1 tahun dan 6 bulan menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta. (Rd)

News Feed