oleh

Stan Pameran Cabang BS Jalasenastri AAL Turut Meriahkan Jala Fair 2019

-Mitra tni-99 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Sebagai puncak perayaan acara Hari Ulang Tahun ke-73 Jalasenastri yang diperingati setiap tanggal 27 Agustus, diselenggarakan pameran nasional bertajuk “Jala Fair 2019” di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Selasa (27/8).

Jala Fair 2019 yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2019 dibuka langsung oleh Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Manik Siwi Sukma Adji didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE., M.M, selaku Pembina Utama Jalasenastri.

Stan Cabang BS Jalasenastri Akademi Angkatan Laut turut ambil bagian dalam memeriahkan acara Jala Fair 2019 bersama 116 stan lainnya yang berasal dari berbagai Satuan Angkatan Laut, baik dari Mabesal, Komando Utama Angkatan Laut, hingga Lantamal I sampai XIV serta sejumlah tenant lainnya.

Pendirian stan Cabang BS Jalasenastri AAL dibawah bimbingan langsung Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL, Ny. Eni Edi Sucipto, yang diisi dengan hasil kreativitas berupa olahan pangan maupun hasil kreasi seni anggota Jalasenastri AAL, diantaranya hasil seni menghias tas dan gelas “decoupage”, hiasan dinding bernuansa maritim, serta olahan pangan keripik tempe, bawang goreng dan sambal tuna. Stan juga diisi dengan bahan bacaan berupa majalah Akademi Angkatan Laut, brosur-brosur AAL dan buku pelayaran muhibah keluar negeri Kartika Jala Krida Taruna AAL. Untuk lebih menarik pengunjung untuk mengenal lebih dekat keberadaan AAL, stan Cabang BS Jalasenastri AAL juga menghadirkan Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut sebagai daya tarik tersendiri.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Manik Siwi Sukma Adji mengatakan bahwa peringatan hari ulang tahun ke-73 Jalasenastri ini mengangkat tema “Jalasenastri berperan aktif dalam mencerdaskan dan menyejahterakan keluarga TNI Angkatan Laut serta peduli terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup”.

“Tema tersebut sengaja kita pilih untuk menghadapi situasi dan kondisi saat ini yang didalamnya mengandung dua pokok pikiran yaitu tentang berperan aktif dalam mencerdaskan dan menyejahterakan keluarga prajurit, dan yang kedua peduli terhadap kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup,” kata Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Tema tersebut mencerminkan kebulatan tekad segenap keluarga besar Jalasenastri untuk senantiasa sekuat tenaga dan daya membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang dilakukan secara ikhlas melalui berbagai bidang kegiatan baik dibidang ekonomi, sosial, budaya maupun upaya untuk kemajuan pendidikan dan peningkatan kualitas keluarga prajurit TNI Angkatan Laut, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. selaku Pembina Utama Jalasenastri dalam sambutannya menyampaikan harapan agar anggota Jalasenastri memanfaatkan organisasi untuk membantu tugas dan pengabdian TNI Angkatan Laut.

“Keberadaan organisasi Jalasenastri untuk saling asah, asih dan asuh sekaligus belajar meningkatkan kualitas diri agar senantiasa dapat mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan,” kata Kasal.

Kasal juga mengatakan bahwa, pada hakekatnya terdapat makna penting yang dapat kita jadikan intisari dari peringatan ulang tahun Jalasenastri tahun 2019 ini, makna yang pertama adalah sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wa ta’ala, sedangkan makna yang kedua adalah sebagai refleksi dari tekad dan semangat anggota Jalasenastri untuk tetap melestarikan dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang ada sejak organisasi Jalasenastri didirikan.

“Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dapat diimplementasikan kedalam tekad ibu-ibu sekalian dalam melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur yang selalu tercermin dalam kehidupan sehari-hari dengan menempatkan diri dalam melaksanakan kewajiban sebagai seorang istri yang setia dari prajurit laut maupun sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab kepada anak-anaknya,” kata Kasal.

Dalam acara peringatan ulang tahun ke-73 Jalasenastri tahun ini juga dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Jalasenastri didampingi Pembina Utama Jalasenastri yang diserahkan kepada anggota Jalasenastri termuda.

Selain itu, dilaksanakan peluncuran buku Ecoprint dan Filosofi Daun, buah karya Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Manik Siwi Sukma Adji, dilanjutkan pembukaan pameran Jala Fair 2019.

Hadir dalam acara ini diantaranya, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Nani Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Chichi Wuspo Lukito, Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto, SE., M.M. beserta Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL, Ny. Eni Edi Sucipto serta pejabat Mabesal dan Pangkotama TNI Angkatan Laut serta Ketua Umum Jalasenastri dari masa ke masa.

Usai acara pembukaan dilanjutkan peninjauan ke stan-stan pameran. Saat Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Nani Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Manik Siwi Sukma Adji mengunjungi stan pameran Cabang BS Jalasenastri AAL, kedua pejabat tersebut disambut oleh Gubernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. beserta Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL, Ny. Eni Edi Sucipto dan pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL.

Sebagian besar pengunjung pameran merasa gembira dapat berfoto dengan Taruna dan Taruni AAL sekaligus bertanya seputar keberadaan lembaga Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya. (Red).

News Feed