oleh

Spiritual Masyarakat di Lokasi TMMD Batang Diharapkan Langgeng

-TNI Polri-100 views

Batang – koranprogresif.co.id – Bisa jadi ini adalah ibadah jumatan terakhir anggota Satgas TMMD di Desa Durenombo Kecamatan Subah, namun tidak demikian bagi Babinsa setempat, Serda Sunarto. Pasalnya, desa tersebut adalah merupakan binaannya sehingga pendampingan spiritual berlanjut.

Ia pun berharap, kebersamaan seperti ini akan terus langgeng walaupun para Satgas kembali ke kesatuan masing-masing, 14 November ini TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang resmi ditutup.

Terlihat kebersamaan dengan masyarakat setempat saat pelaksanaan Sholat Jumat terakhir di Masjid Jami Nurul Huda Durenombo. Bertindak sebagai khatib sekaligus imam adalah H. Anwarudin (68 thn) imam masjid sekaligus pengurus.

Diketahui bahwa, jamaah masjid bertambah sejak kedatangan prajurit Satgas membangun desa tersebut. Bagi mereka hari Jumat masih terjaga sebagai hari yang sakral bagi umat muslim. Inilah representasi masyarakat setempat, merasa bangga dengan kehadiran TNI yang membawa nuansa islami dalam pembangunan yang masih terus dirampungkan. Sasarannya pun tak hanya fisik semata, melainkan diselaraskan dengan non fisik kerohanian walau tidak terlihat kasat mata.

Disampaikan Kepala Staf Kodim (Kasdim) bahwa, dirinya bersama pemuka agama setempat, H. Anwarudin, tak bosan-bosannya mengimbau kepada warga untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Tuhan sesuai agama masing-masing.

“Ibadah merupakan perwujudan rasa syukur manusia kepada Sang Pencipta, mempererat sekaligus memupuk rasa kebersamaan antara TNI dengan masyarakat. Tujuan lainnya adalah terjalin kerjasama yang baik serta terciptanya situasi yang kondusif demi mensukseskan pembangunan melalui TMMD. Semoga niatan ini direspon positif oleh masyarakat,” ucapnya selepas pelaksanaan berjamaah.

Raji juga menyisipkan ajakan untuk berkontribusi maksimal, khususnya di Upacara Penutupan TMMD nanti.

Berkoordinasi dengan para Ketua RT untuk bagi tugas dan akan kami sampaikan kepada Kadus masing-masing, seperti pembersihan lingkungan dan lapangan, pemasangan umbul-umbul dan bendera dan penyiapan transit para tamu undangan.

Tak kalah penting adalah, pengaturan parkir dan penyediaan motor untuk peninjauan ke beberapa lokasi yang sulit dijangkau roda empat. (Red/Aan).

News Feed