oleh

Spesifikasi Teknis Mobil Dinas Para Pimpinan DPRD Kabupaten Barsel, Diduga Melebihi Ketentuan

-Nusantara-2.210 views

 

Buntok – koranprogresif.co.id – Penggunaan Mobil Dinas bagi tiga Pimpinan DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) diduga tak sesuai ketentuan. Setidaknya ada dua peraturan yang mengatur tentang hal itu, terutama yang menyangkut soal spesifikasi teknis kendaraan dinas yang wajib disesuaikan dengan fungsi jabatan.

Kepada koranprogresif.co.id di Buntok pekan kemarin, Koordiantor Lembaga Pendidikan, Pemantauan dan Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (LP3K-RI) Barito Selatan, Latif Kamarudin mengungkapkan hal tersebut. “Penyediaan mobil dinas sudah diatur di dalam Pemendagri Nomor 7 tahun 2007 dan Perkemenkeu Nomor 76/PMK.06//2015, ” ucap Latif.

Dalam paparannya, Latif menyebut spesifikasi teknis mobil dinas bagi pimpinan DPRD di tingkat kabupaten/kota yang tak boleh melebihi ketentuan, yaitu 2200 CC untuk pejabat ketua, dan 2000 CC untuk pejabat wakil ketua.

“Kita mempertanyakan penyediaan dua buah mobil Toyota Fortuner berkapasitas 2500 CC untuk kendaraan dinas bagi masing-masing wakil Ketua DPRD, dan satu buah Toyota Prado berkapasitas 2700 CC yang diperuntukan bagi kendaraan dinas Ketua DPRD. Ini tak sesuai ketentuan Permendagri,” papar Latif.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Selatan, Akmal membenarkan perihal pengadaan mobil dinas bagi para pemimpin DPRD Kabupaten Barsel tersebut.

Meski tak merinci soal spesifikasi teknis, Akmal yang lulusan STPDN itu menyebut dengan lugas sejumlah mobil bermerk itu.

“Pengadaan mobil untuk Ketua DPRD adalah secara khusus. Sedangkan untuk wakil-wakil ketua sudah dilaksanakan, yaitu masing-masing satu buah Toyota Fortuner,” sebut Akmal sambil menyebutkan sebuah merk Mobil Toyota Prado untuk Ketua DPRD Barsel.

Hibah menurut Akmal, pengadaan mobil dinas bagi pejabat di daerah adalah hal yang bersifat wajib demi menunjang kinerja pejabat. Apalagi Pimpinan DPRD Kabupaten Barito Selatan periode 2019-2024 belum sama sekali menerima mobil dinas sejak dilantik beberapa tahun terakhir.

“Selain mobil dinas bagi pimpinan DPRD, Pemkab Barsel juga menghibahkan tiga buah Mobil Dinas Baru keluaran Mitsubishi berjenis Pajero Sport bagi tiga instansi vertikal di Barito Selatan. Kajari Buntok, Pengadilan Negeri Buntok, dan Kodim 1012 dipastikan menerima hibah masing-masing satu buah kendraan dinas,” terang Akmal. (Asj Progresif).

News Feed