oleh

Sopiyan Yakub: Muserbangdes Untuk Jaring Usulan Prioritas Masyarakat Desa Sukabaru  

-Nusantara-759 views

 

 

Lamsel – koranprogresif.co.id – Tujuan utama pembangunan adalah untuk kepentingan masyarakat, maka yang paling mengerti apa yang menjadi prioritas utama adalah masyarakat itu sendiri baik untuk insfratruktur jalan dan sarana prasarana lainnya.

 

Melihat kondisi ini, maka dilakukan Muserbangdes dengan menghadirkan aparatur desa dari ketua RT, Kadus, Kaur, Sekdes, Anggota BPD, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Masyarakat dengan menghadirkan Pejabat Uspika.

 

Hal ini disampaikan Kades Sukabaru, Sopiyan Yakub saat ditemui di kediamanya pada Sabtu (17/11/18).

 

Tujuan utama membangun desa adalah untuk warga dan yang paling mengerti mana yang prioritas tentu warga sendiri, maka Pemdes Sukabaru telah melakukan Muserbangdes dengan menghadirkan seluruh perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perwakilan warga dan dihadiri Sekcam Penengahan dan Pak UPT.PU Penengahan,” terangnya.

 

Dalam Muserbangdes yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, telah disepakati adanya beberapa item baik untuk pembangunan fisik jalan dan kegiatan non fisik.

 

“Dari hasil Muserbangdes yang sudah kami laksanakan ada beberapa kegiatan yang menjadi prioritas untuk dikerjakan di tahun 2019, baik untuk kegiatan fisik dan non fisik,” ujarnya.

 

Saat ditanya sumber dana untuk program kegiatan pembangunan Desa Sukabaru tahun 2019, Kades Sopiyan menjelaskan sumber dana utama adalah DD/ADD, selain kemungkinan ada dari dana dari pihak lain seperti aspirasi ataupun dari Pemkab melalui Dinas PUPR Lampung Selatan dan Dinas lainnya.

 

“Untuk sumber dana, tentunya Desa pengendali dari Program Pemerintah melalui DD dan ADD selain dari Aspirasi dan dari Pemkab melalui Dinas PUPR ataupun Dinas lainya di kabupaten Lampung Selatan,” imbuhnya.

 

Saat ditanyakan manfaat Program Dana Desa (DD) untuk masyarakat, Kades Sukabaru ini mengatakan, selain sekarang masyarakat bisa menikmati jalan desa yg baik, warga masyarakat juga bisa merasakan manfaat adanya lapangan kerja.

 

“Saya selaku Kades adalah pelaksana dan bertanggung jawab melaksanakan amanah warga dan saya berusaha melakukan yang terbaik, manfaat DD banyak selain warga bisa menikmati mulusnya jalan desa, Balai Desa yang layak dan manfaat hasil pembangunan fisik yang lain. Warga juga bisa dapat penghasilan dengan bekerja melalui padat karya bagi warga yang mau bekerja dikegiatan DD yang kami laksanakan. Yang paling utama semua kegiatan ini untuk warga meskipun belum semua jalan di dusun – dusun desa ini di bangun,” pungkasnya. (AW)

News Feed