oleh

Siswa Dikmaba 41 TNI AL Lattek VBSS di KRI Makassar-590

-Mitra tni-179 views

 

Surabaya – Koranprogresif.co.id, 18 Januari 2022 Sebanyak 73 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan Ke-41 Gelombang 1 Kejuruan Mesin dan Listrik, Sekolah Bintara (Seba) Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melaksanakan Lattek Visit Board Search and Seizure (VBSS) di KRI Makasar-590, Koarmada II, Surabaya (18/01).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, melaksanakan beberapa materi Lattek, diantara tentang rencana persiapan operasi kapal, pergerakan pencarian musuh, penanganan tawanan serta lattek penguasaan kapal.
Kegiatan Lattek di kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) tersebut dibuka oleh Komandan Pusdiktek Kolonel laut (T) Panugrah Asyari selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek VBSS. Selain itu hadir pula, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) yang dijabat Komandan Sekolah Bintara Pusdiktek Letkol Laut (T) Sungkono, A.Md.
Tujuan dari Lattek VBSS ini adalah untuk membekali para siswa tentang VBSS agar memiliki keterampilan tentang konsep aksi dan penggunaan kekuatan VBSS, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di TNI AL. Sedangkan sasaran lattek adalah agar para siswa mampu menjelaskan tentang pembuatan rencana konsep aksi VBSS, menjelaskan prosedur penggunaan kekuatan, serta menjelaskan aplikasi small boat interception dengan baik dan benar.
Selesai mengikuti Lattek ini, diharapkan para siswa Seba Pusdiktek mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan implementasi VBSS dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI AL yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.
Kepada para peserta Lattek, Komandan Pusdiktek menekankan agar mengikuti Lattek ini dengan sungguh-sungguh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Virus Covid-19 terhadap siswa.

“Laksanakan protokol kesehatan dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak selama latihan untuk menghindari terpapar Virus Covid-19”, tegas Danpusdiktek.

(Red)

Berita Lainnya