oleh

Sigap Dan Tanggap Bencana, Koramil 0801/12 Pringkuku Bantu Warga Bersihkan Tanah Longsor

-Mitra tni-72 views

 

Pacitan – koranprogresif.co.id – Pasca diguyur hujan intensitas sedang di wilayah Kecamatan Pringkuku, sehingga mengakibatkan tanah longsor dan menutup jalan penghubung antar Desa yang merupakan akses warga masyarakat, berada di Dusun Krajan, Desa Glinggangan, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Rabu (30/11/2022).

Mengetahui adanya kejadian tersebut, sehingga anggota Koramil 0801/12 Pringkuku, Kodim 0801/Pacitan, dengan sigap melakukan upaya koordinasi dengan Perangkat Desa dan masyarakat untuk melakukan gotong-royong pembersihan material longsor di lokasi.

pada saat kejadian tersebut, tidak ada korban luka maupun jiwa, karena lokasi berada agak jauh dari pemukiman warga.Namun akibat kejadian tersebut terjadi penumpukan tanah dan batu, sehingga harus dievakuasi agar akses jalan dapat segera dilewati.

Menurut keterangan dari salah satu anggota Koramil 0801/12 Pringkuku, Serda Budiyanto, saat ini dirinya dan Perangkat Desa dibantu masyarakat sekitar tengah melakukan upaya pembersihan material tanah dan batu di lokasi terjadinya longsor.

“Saat ini kami dibantu masyarakat, tengah melakukan gotong-royong pembersihan material longsor di lokasi. Mungkin kami perlu waktu beberapa saat untuk membersihkan material longsor dan batu, sehingga akses jalan dapat segera dilewati kembali,” katanya saat dikonfirmasi di lokasi terjadinya longsor.

Ia juga mengingatkan kepada pengguna jalan, baik roda empat maupun roda dua untuk selalu waspada dan berhati-hati, pasalnya pasca terjadi hujan jalan masih licin akibat sisa-sisa tanah yang terbawa air hujan.

“Bagi pengguna jalan agar waspada dan berhati-hati saat berkendara, pelan-pelan saat melakukan perjalanan, pastikan kendaraan dalam kondisi normal guna menghindari kecelakaan di jalan,” himbaunya.

Secara terpisah, Danramil 0801/12 Pringkuku, Kapten Arh Budi Eko Prayanto juga mengingatkan bahwa, wilayah Kec. Pringkuku merupakan wilayah perbukitan, sehingga rawan terjadi tanah longsor maupun pohon tumbang. Untuk itu, kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Kami juga memerintahkan kepada para Babinsa untuk selalu memantau dan monitoring wilayah binaan masing-masing. Apabila terjadi bencana alam longsor maupun lainnya, segera koordinasikan dengan pihak terkait untuk melakukan upaya penanganan dengan cepat,” tutur Danramil. (Red).

Berita Lainnya