oleh

Sidang Praperadilan Istri Matheus Mangentang, Ester: Saya Sedih, Suami Kayak Buron

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Herwanto, Kuasa Hukum Matheus Mangentang selaku pemohon dalam hal ini, Kamis (22/8) di PN Jaktim menghadirkan saksi Ester, Istri dari Matheus Mangentang pada sidang Pra Peradilan yang di gelar diruang sidang Mudjono terkait dengan eksekusi yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) terhadap Matheus Mangentang dan Ernawati Simbolon kasus penerbitan ijasah tanpa izin.

Dalam kesaksiannya, Ester istri dari Matheus Mangentang kepada Hakim tunggal Suparman Nyompa menjelaskan bahwa, proses eksekusi yang dilakukan saat berada di Rumah Sakit yang mana Matheus mangentang sedang periksa fungsi ginjal.

“Saya sedih sekali pak, suami saya sedang sakit, bahkan pak matheus berpesan kepada saya. “Mah, kalau saya meninggal tolong kuburin saya di Palopo ya, di kampung halaman di Palopo,” isak Ester.

Ester juga menjelaskan bahwa, saat ini matheus mangentang berada di lapas Cipinang, Jakarta Timur. Dan untuk pengobatannya sendiri di Lapas Cipinang diBpanggilkan dari Prodia untuk periksa darah dan hasilnya dibawa oleh Ester ke dokter luar untuk kemudian mendapatkan obat.

Terkait saat eksekusi dilakukan, Handri, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur sebagai termohon bertanya kepada saksi Ester. “Ibu Ester ya, apakah sebelum penangkapan dilaksanakan ibu ada menerima surat panggilan dari kejaksaan? maksudnya apakah pengacara ibu ada memberitahukan,” tanya Handri.

“Tidak, kata Ester. Yang kami tahukan itu pengacara, Saya hanya tahu cerita dari pak Matheus,” ucapnya.

Lanjut handri lagi, pada saat itu pak matheus dalam keadaan sehat apalagi sakit bu, tanyanya.

“Pak Metheus itu sakitnya adalah pada fungsi ginjalnya pak ya, yang mana fungsi ginjal nya cuma 56 dan harus perlu dirawat supaya tidak jadi lebih buruk sehingga jangan sampai cuci darah. Memang kalau dilihat dari luar, dilihat sehat,” kata Ester.

Sidang selanjutnya, akan digelar kembali pada hari jumat dengan agenda keterangan dari Ahli. (Rd).

News Feed