oleh

Siaran Pers Akhir Tahun, Ketua Satgas Saber Pungli Jabar Tunjukan Capaian Kinerja Tahun 2022

-TNI Polri-71 views

 

Bandung – koranprogresif.co.id – Siaran Pers Ketua Pelaksanaan Unit Pungutan liar Provinsi Jawa Barat akhir tahun 2022, Kombes Pol. Nurkholis, S.IK, M.SI mengatakan, masih melihat dan mendengar keluhan praktek pungutan liar yang terjadi saat ini dan kami memprediksi kedepan masih akan terjadi di Wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Praktek pungli ini telah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk itu, sejak awal Satuan Tugas Saber Pungli Wilayah Jawa Barat mempunyai komitmen untuk mewujudkan sukses kembar pada bidang pencegahan dan penindakan yaitu dengan menggulirkan program bekerja tanpa pungli dan membangun generasi baru anti pungli. “Sesuai amanat Perpres No. 87 tahun 2016 Satuan Tugas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat pada tahun 2022 telah melakukan berbagai macam kegiatan pencegahan dan pemberantasan pungli ditempat pelayanan publik dan dibeberapa tempat rawan terjadinya pungli lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan 5 (lima) kali secara berturutturut mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai Satgas Saber Pungli terbaik tingkat nasional, pada bidang pencegahan telah dilakukan sebanyak 12.211 berbagai inovasi kegiatan antara lain sosialisasi kepada para Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Badan Pertanahan Nasional, Kepala Kantor Pemerintahan dan Kementerian Agama serta Kepala Imigrasi dan Lapas yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Bidang Intelijen telah melakukan 3.500 kegiatan meliputi pengumpulan informasi pengaduan masyarakat dan pemetaan potensi terjadinya pungutan liar di Jawa Barat. “Pada bidang penindakan telah dilakukan sebanyak 4.827 kegiatan diantaranya penindakan secara hukum terhadap kegiatan pungli dilingkungan Jawa Barat,” ungkapnya.

Pada bidang yustisi telah melakukan 21 kegiatan yang antara lain bertugas mempelajari, meneliti dan menganalisis hasil kerja pokja penindakan khusus untuk penguatan dikalangan internal dan sinerginitas antar UPP Kabupaten atau Kota se-Jawa Barat pada tahun 2022 telah dilakukan kegiatan Sosialisasi Prosedur Operasional standar dengan tema “Profesional dalam Bekerja, Tegas dalam Bertindak”.

Melihat hasil yang dicapai tahun 2022, maka pada tahun 2023, Satuan Tugas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat mempunyai target untuk menjadi UPP rujukan nasional atas keberhasilan dan prestasi yang telah diraih pada tahun 2022. “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Barat dengan harapan kerjasama yang telah terjalin dapat ditingkatkan pada masa mendatang,” pungkasnya. (Umar).

Berita Lainnya