oleh

Serunya Lomba Ketangkasan Taruna AAL, Jelang Peringatan HUT TNI AL

-Mitra tni-90 views

 

Raja Ampat – koranprogresif.co.id – Menjelang peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang diperingati setiap tanggal 10 September, Satgas Kartika Jala Krida (KJK) 2021 yang membawa 89 Taruna tingkat III Angkatan-68 dengan menggunakan KRI Bima Suci memeriahkannya dengan menggelar lomba ketangkasan yang dilaksanakan pada pelayaran etape ke-5 dari Raja Ampat menuju Morotai, Maluku Utara, Senin (6/9).

Keseruan tampak saat Taruna AAL melaksanakan lomba ketangkasan dengan menaiki dan menuruni tiang dalam kondisi kapal lego jangkar. Mereka terlihat berebutan untuk menjadi yang pertama, baik saat naik maupun turun tiang.

Selain lomba ketangkasan, juga dilaksanakan lomba komunikasi taktis terdiri dari sandi Morse, bendera Semaphore dan pengibaran bendera isyarat.

Para peserta yang terdiri dari Taruna AAL dibagi menjadi sembilan tim dimana setiap timnya beranggotakan 10 orang dari tiga divisi jaga yaitu Divisi A (Ambon), Divisi B (Bandung) dan Divisi C (Cepu). Pemenang lomba ditentukan oleh akumulasi keseluruhan waktu yang diperoleh dari tiap-tiap tim dari divisi jaga yang sama.

Selain menguji kekompakan antar tim perlombaan ini, juga bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu kebaharian yang telah mereka dapatkan selama pelayaran.

Komandan Satgas KJK 2021 yang juga Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M.Tr.Hanla., mengatakan bahwa, perlombaan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-76 TNI AL yang akan diperingati pada 10 September 2021 mendatang meski dalam kondisi sedang melaksanakan pelayaran.

Disamping itu juga, dijadikan tolak ukur dari ilmu yang telah mereka dapatkan selama pelayaran ini sehingga KJK 2021 kali ini dapat menjadi sarana menimba ilmu bagi para taruna angkatan ke-68.

“Kegiatan lomba ini tetap mengutamakan keselamatan dan sportivitas karena sejatinya kemenangan bukanlah hal terpenting melainkan kekompakan dan ketelitian lah yang menjadi tujuan utama diadakannya perlombaan ini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan lomba protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat, sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono. S.E., M.M., untuk selalu menjaga ketat protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

KRI Bima Suci sejak 26 Juli 2021 lalu sedang melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida yang membawa para Taruna Tingkat III AAL Angkatan-68 dengan rute Surabaya, Labuan Bajo, Tual, Jayapura, Raja Ampat, Morotai, Nunukan (Sei Pancang), Tarakan, Ranai, Sabang, Nias, Cilacap, Bali, dan kembali ke pangkalan Surabaya.

Pelayaran selama 98 hari dengan jarak tempuh 11.328 NM ini akan selesai 2 November 2021 mendatang. Tujuan pelayaran ini adalah untuk melatih Taruna-Taruni AAL Korps Pelaut dalam mempraktikkan ilmu navigasi astronomi atau navigasi bintang.

Sementara untuk Taruna AAL Korps Teknik dapat mengaplikasikan langsung ilmu teknik mesin kapal. Begitu pun untuk Taruna AAL Korps Elektronika agar mampu mempraktikkan ilmu tentang peralatan komunikasi elektronika di kapal. Sedangkan Taruna Korps Suplai diharapkan dapat memahami lebih banyak tentang perbekalan. (Red).

News Feed