oleh

Serka Mastriana: Parit Sawah Meningkatkan Mutu Hasil Produksi Pertanian Para Petani

-TNI Polri-210 views

 

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Suksesnya program ketahanan pangan tidak akan lepas dengan tingkat kesejahteraan para petani di wilayah pedesaan.

Berbagai upaya dapat dilakukan oleh para aparat komando kewilayahan untuk mensukseskan program ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Babinsa Desa Srikaton, Serka Mastriana anggota Koramil 0807/04 Ngantru Kodim Tulungagung bersama warga masyarakat gotong-royong membuat parit sebagai saluran irigasi para areal sekitar sawah di Dusun Mayangan Desa srikaton Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, Senin (03/12/2018).

Bersama warga setempat, Babinsa melakukan pembuatan parit untuk mempermudah para petani dalam mengairi sawah yang dapat mengubah dan menambah mutu serta penghasilan para petani Desa Srikaton.

Dengan adanya parit, biasanya gerombolan tikus akan sungkan untuk masuk ke areal persawahan. Bila ada beberapa lokasi, para tikus akan memilih masuk ke dalam areal persawahan yang tidak ada paritnya.

Babinsa Desa Srikaton, Serka Mastriana menyampaikan bahwa, kegiatan membuat parit ini akan membantu secara tidak langsung dalam peningkatan mutu hasil produksi pertanian para petani.

Selain itu, parit ini juga akan berguna dalam mengantisipasi banjir di musim penghujan.

“Dengan adanya parit di sekitar sawah, petani tidak perlu takut kekurangan suplai air untuk sawahnya. Selain itu jika musim penghujan tiba, debit air yang berlebih juga tidak akan menggenangi sawah karena dapat dibuang melalui parit yang ada,” tutup Serka Mastriana. (Red).

News Feed