oleh

Seluruh Paguyuban di Jayapura Menolak Keras Rasisme

Jayapura – koranprogresif.co.id – Paguyuban seluruh Jayapura dan tokoh pemuda Jayapura bersama-sama mengadakan pertemuan di kediaman H. Mannang Jalan Baru Pasar Youtefa Kelurahan Wai Mhorock Distrik Abepura Kota Jayapura, Kamis (22/8)

Dalam pertemuan tersebut, yang dihadiri seluruh paguyuban yang ada di Papua bersama-sama menyatakan menolak rasisme, Drs. Tahyudin Muntu mengatakan, keluarga besar KKSS dan masyarakat nusantara lainnya mendapat perlakuan yang baik selama di Papua maka masyarakat Indonesia lainnya juga harus menghargai mereka yang diluar Papua. “Tolong lindungi dan tolong jaga saudara-saudara kami orang Papua seperti kami dilindungi dan di jaga di Papua,” ungkapnya.

Menyikapi isu yang sedang berkembang di Papua saat ini, Ketua paguyuban Keluarga besar Batak dan Makasar di Papua mengutuk keras rasis yang dilakukan sekelompok orang di Surabaya.

Terkait dengan hal tersebut, kami akan berinisiatif nantinya akan mengundang seluruh paguyuban yang ada di Papua untuk mengadakan parade budaya dan menyatakan sikap menolak rasisme di tanah Papua dan Indonesia dan akan kami serahkan pernyataan kami kepada Gubernur Papua,” ujarnya.

Ketua kerukunan Jawa-Madura Papua, Dr. H. Sarminanto mengatakan, kalau saudara kami di dzolimi itu juga buat kami sakit hati. “Kami mengutuk keras perilaku-perilaku saudara kami di Jawa Timur,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPD KNPI, Albertho G Wanimbo menyatakan bahwa, semua orang berharap kedamaian di tanah Papua dan di seluruh Indonesia. Semua orang ingin Papua aman dan damai sampai Tuhan datang, orang Papua tidak membenci kepada saudara-saudara kami, kami mendampakan hidup rukun berdampingan di tanah Papua, mari sama-sama kita tolak rasisme di Indonesia, pungkasnya

“Saya harapkan semua masyarakat Indonesia dapat menjaga masyarakat Papua di luar sana seperti kita orang Papua menjaga saudara-saudara kami di Papua ini,” sambungnya. (Red).

News Feed