oleh

Satuan Pelayanan Dukcapil Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Gelar “Sosialisasi Gebyar Pelayanan Dukcapil”

-Nusantara-17 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Satuan Pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) Kelurahan Tanjung Duren Selatan, menggelar “Sosialisasi Gebyar Pelayanan Dukcapil” di sekretariat RW 01 di Jl. Way Seputih No.29, RT.3/RW.1, Kel. Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat, Rabu (13/11/2019).

Kasektor Dukcapil Kecamatan Grogol Petamburan Bapak Nandang mengatakan, sosialisasi kependudukan merupakan optimalisasi pelaksanaan Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan UU Nomor 23 tahun 2006 menyangkut administrasi kependudukan (Adminduk).

“Langkah ini penting agar diketahui oleh masyarakat guna meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya administrasi kependudukan bagi setiap warga Negara Indonesia (WNI),” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kasatpel Dukcapil Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Fadtheland mengatakan Kegiatan sosialisasi tentang Gebyar pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri yang dituangkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau disingkat #GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

GISA mencanangkan kesadaran kepada seluruh warga masyarakat untuk memiliki dokumen administrasi kependudukan secara lengkap di dalam rumah tangganya.

Dokumen tersebut adalah, KTP elektronik, Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian bagi keluarga yang telah meninggal dunia, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian dan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Berbagai administrasi kependudukan lainya. Dokumen-dokumen tersebut wajib dimiliki untuk keperluan layanan publik seperti pengurusan BPJS, SIM, perbankan, paspor dan keperluan untuk mencari sekolah.

Kegiatan sosialisasi Gebyar pelayanan dukcapil di hadiri oleh Kasektor Dukcapil Kecamatan Grogol Petamburan, Nandang, Kasatpel Dukcapil Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Fadtheland, Lurah Tanjung Duren Selatan di wakili oleh Mukhlis, Ketua RW 01 dan Ketua RT 001 s/d RT 015 Kelurahan Tanjung Duren Selatan, LMK, FKDM, Kader PKK, Dasa Wisma. (Gatot).

News Feed