oleh

Satu Tim Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut Lakukan Verifikasi Data Hidro Oseanografi di Pantai Yang Akan Dijadikan Pantai Pendaratan Pasukan Marinir Indonesia

-Mitra tni-65 views

Tanjung Pasir, Tangerang, Banten – Koranprogresif.co.id, Pada pagi hari Jumat, 17 September 2021, di Pantai Tanjung Pasir, Banten, satu tim pasukan khusus TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang terdiri dari 26 orang, melakukan verifikasi data hidro oseanografi di pantai yang akan dijadikan pantai pendaratan pasukan marinir Indonesia. Tim yang terdiri dari sembilan orang Pasukan Katak, sembilan orang Intai Amfibi dan delapan orang Detasemen Jala Mangkara ini berusaha memastikan bahwa pantai yang akan didarati oleh pasukan marinir aman dari rintangan alam maupun buatan.

Setelah verifikasi data selesai, ketua tim melaporkan hasil verifikasinya kepada Komandan Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal)  Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., pada rangkaian kegiatan penutupan Pemantapan Pengetahuan Dasar Hidro Oseanografi bagi Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2021.

Skenario dalam kegiatan ini memang bertujuan untuk membekali prajurit-prajurit pasukan khusus TNI AL dengan pengetahuan untuk mengukur dan membaca kondisi laut dalam rangka memastikan bahwa informasi awal yang mereka miliki sesuai dengan situasi di lapangan atau tidak, sehingga rencana serbuan yang sudah disiapkan dapat dilaksanakan atau malah rencana cadangan yang harus dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama, Danpushidrosal menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat sekitar tempat latihan. Dalam tatap mukanya, Danpus mengingatkan tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam menghadapi bahaya Covid19. Tidak hanya disampaikan dalam bentuk anjuran, Danpushidrosal juga membawa tim kesehatan Pushidrosal untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat di sekitar daerah latihan. Sejumlah 50 orang menerima vaksin pada kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Serbuan Vaksin bagi Masyarakat Maritim oleh TNI AL.

Di penghujung rangkaian kegiatan penutupan Pemantapan Pengetahuan Dasar Hidro Oseanografi bagi Pasukan Khusus TNI AL, Danpushidrosal juga membagikan 100 paket sembako. Bakti sosial dalam rangka hari ulang tahun TNI AL ke 76 ini dilaksanakan guna membantu kesulitan warga di sekitar daerah latihan. Karena sebagaimana prajurit TNI, prajurit TNI AL pun berasal dari rakyat, dilaksanakan oleh rakyat dan juga diperuntukan untuk rakyat.

Semoga pemantapan yang dilaksanakan ini, selain meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan TNI AL, juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.Jala Citra Praja Yodha.

(Red)

News Feed