oleh

Satgas TMMD 112 Mamasa Lakukan Penyuluhan Stunting

-Mitra tni-61 views

 

Mamasa – koranprogresif.co.id – Memasuki hari ke-13 TMMD ke-112 di wilayah Kodim 1428/Mamasa dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Stunting, Pembinaan Posyandu, dan Posbindu PTM Mamasa, Senin (27 September 2021).

Dalam kegiatan ini turut hadir Riri Vega Stevi Palapa selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXVlll 1428/Mamasa, Yustina Lolok. S.Kep NS selaku Kepala Puskesmas Sumarorong, Ester, SKM, M,Kes selaku Kepala Seksi Kesehatan amasyarakat Dinkes Mamasa, Nirsah Irfan dari BKKBN Mamasa, Salmon selaku Sekretaris Desa Batang Uru, Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa.

Pembawa materi, Ester, SKM, M.Mkes membahas terkait berisi Stunting dan cara mengatasinya.

Stunting sendiri merupakan terhambatnya pertumbuhan anak, hal ini menyebabkan perawakan yang jauh lebih pendek dibanding teman-teman seusianya. Jadi, pertumbuhan anak itu tak hanya dilihat dari berat badannya saja, tetapi tingginya pun juga dihitung.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini selain materi Stunting, materi tentang pembinaan Posyandu yang dibawakan oleh Nirsah Irfan dari BKKBN.

Pelaksanaan posyandu adalah kader kemudian difasilitasi oleh kesehatan untuk kebutuhan ibu hamil dan balita, sehinggga keluarga menimbang balitanya setiap 6 bulan.

Untuk pertolongan tidak ada lagi di rumah, jadi untuk pertolongan persalinan harus di puskesmas atau RS terdekat.

Tambahan penjelasan, Kepala Puskesmas Sumarorong menyampaikan materinya tentang Posbindu PTM dimana Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Adanya Kegiatan di Desa Batang Uru ini adalah, untuk memberikan edukasi dan pelajaran serta mencegah penyakit yang dapat berdampak negatif bagi Ibu dan anak di daerah tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada TMMD yang ke-112 yang ada di wilayah Kodim 1428/Mamasa. Dengan adanya Sosialisasi dan penyuluhan ini ke tempat kami sehingga masyarakat kami bisa paham betul dengan semua apa yang disampaikan guna mencegah adanya dampak yang negatif yang akan menyerang warga kami,” ujar Salmon, Sekretari Desa Batang Uru. (Red).

News Feed