oleh

Sambut Ramadhan, Warga Benahi Jalan Titian Musholla

Buntok – koranprogresif.co.id – Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang kedatangannya sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali warga RT.20 di Jalan Kartini, Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Dalam menyambut tibanya bulan suci ramadhan tahun ini, warga setempat memulai aktifitasnya dengan berswadaya membenahi jalan titian menuju Musholla Raudhatul Jannah yang terdapat di lingkungan RT tersebut.

“Alhamdulillah, kita bersama warga dapat menyempatkan diri dan meluangkan waktu bergotong-royong membenahi titian jalan menuju mosholla di lingkungan rukun tetangga kami. Semoga ini menjadi amal ibadah menjelang bulan ramadhan tahun ini,” tutur ramah Rujani Rusdi yang juga Sekretaris RT.20 Kelurahan Hilir Sper, Minggu (14/03/2021) pagi.

Dikatakannya, kenyamanan dan kemanan dalam beribadah adalah penting sehingga warga tak merasa was-was melintasi jalan titian menuju musholla. Terlebih lagi titian jalan yang terbuat dari bahan kayu itu sudah beberapa tahun tak sempat terbenahi.

“Bagian fisik titian sudah banyak yang lapuk, terutama bagian lantai titian. Itulah warga disini mengusulkan untuk mengganti papan-papan yang lapuk agar tak berbahaya saat dilewati jama’ah,” ujarnya.

Menurut Rujani Rusdi, sebenarnya pihaknya sudah beberapa kali mengirim proposal kepada pemda setempat untuk mendapat bantuan dana untuk pembangunan jalan titian yang permanen. Namun, sampai tahun ini belum diketahui apakah akan dapat terealisasi oleh Pemda.

“Itulah warga tak ingin menunggu dan kemudian berinisiatif mengumpulkan dana untuk membeli bahan untuk mengganti fisik jembatan kayu,” bebernya.

Kini Jalan Titian menuju Musholla Raudhatul Jannah dengan panjang 100 meter dan lebar dua meter itu dalam penanganan warga RT.20, meski dengan swadaya murni dari masyarakat setempat. (Ben Progresif).

News Feed