Sambangi Warga Peternak Sapi, Babinsa Gelar Komsos

Demak – koranprogresif.co.id – Diawal puasa ramadhan, Babinsa Koramil 12/Mranggen, Kodim 0716/Demak, Sertu Budi Hapsari melaksanakan Komunikasi Sosial bersama peternak sapi milik Bapak Manan di Dukuh Denggrong Rt 1 Rw 3 Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Kamis (23/03/2023).

Disela sela memonitoring wilayah, Babinsa menyambangi salah satu warga Desa binaanya yang memiliki kegiatan sampingan yaitu beternak sapi, dikesempatan itu, Babinsa juga menanyakan seputaran perkembangan dan kendala beternak sapi tersebut.

Sertu Budi Hapsari menuturkan, kami sebagai Babinsa harus selalu aktif memonitoring wilayah binaan sehingga perkembangan situasi di wilayah dapat diketahui sedini mungkin, dan kehadiran kami disini yaitu guna memberikan motivasi, memacu semangat warga untuk lebih meningkatkan usaha warga sehingga perekonomian warga binaan dapat semakin meningkat.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pendataan hewan ternak di wilayah binaan dalam keadaan baik-baik saja dan tidak terjangkit penyakit PMK.

Dikatakan Sertu Budi Hapsari bahwa, sesuai edaran dari Dinas Kesehatan, Wabah PMK Jenis penyakit ini disebabkan dari virus yang bisa menyerang pada hewan ternak berkaki empat atau hewan ternak besar khususnya Sapi, tuturnya.

Babinsa juga menghimbau dan memberikan sosialisasi langsung kepada pemilik hewan ternak terkait penyakit PMK. ‚ÄĚKami juga menghimbau kepada warga peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta juga harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah tersebut,” himbaunya.

Ia juga menyampaikan, kepada warganya untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya agak menurun, agar secepat mungkin bisa diantisipasi terjangkitnya penyakit mulit dan kaki maupun penyakit hewan yang lain, pungkasnya. (Red/Pendim 0716/Demak).

Berita Lainnya