oleh

Rutan Kelas IIB Buntok Didominasi Napi Narkoba

-Nasional-980 views

Buntok – koranprogresif.co.id – Kasus narkoba di Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah masih tinggi. Buktinya, dari 198 warga binaan yang menghuni Rutan Kelas IIB Buntok, ada sebanyak 116 Napi yang menjalani kurungan badan akibat tersandung perkara narkoba.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/01/21), Kepala Lapas Kelas IIB Buntok, Mastur A.Md IP SH MM membenarkan jumlah warga binaan penghuni Lapas yang berada dibilangan Jalan Pahlawan Km.5 Buntok itu. “Ada sebanyak 198 penghuni Lapas. Namun 116 diantaranya adalah warga binaan karena terjerat kasus narkoba,” terangnya kepada awak Media.

Mastur menjelaskan, selain warga binaan karena terjerat kasus Narkoba, terdapat pula warga binaan penghuni Lapas lantaran tindak pidana umum lainnya seperti tindak kejahatan bidang kehutanan (illegal Logging), kesehatan, pemalsuan materai, dan tindak pidana umum lainnya.

“Kasus pemerasan sebanyak lima napi, kasus kesehatan sebanyak dua napi, kasus korupsi sebanyak satu napi, tindak pidana umum berjumlah satu napi, pemalsuan materai sebanyak satu napi, kasus pemerasan atau pengancaman berjumlah satu napi, dan kasus pembunuhan sebanyak tiga napi,” Rinci Kalapas Mastur.

Kasus umum lainnya, lanjut Mastur, terdiri dari kasus pencurian dan penganiayaan masing-masing sebanyak 35 dan empat napi. “Kasus penggelapan dan penipuan masing masing satu napi dan dua napi. Kasus perampokan dan perjudian masing-masing sebanyak satu napi dan tiga napi. Dan sisanya adalah kasus perlindungan anak sebanyak 20 napi, dan kasus senjata api sebanyak napi,” pungkas Mastur sembari jumlah itu termasuk sebanyak 17 napi wanita yang menjadi penghuni Lapas. (Jul/Asj Progresif).

News Feed