oleh

Ribuan Masyarakat Mendapat Bantuan BTPKLWN Disalurkan Jajaran Kodim 0801/Pacitan

-Mitra tni-151 views

 

Pacitan – koranprogresif.co.id – Kali ini empat Koramil jajaran Kodim 0801/Pacitan serentak menyalurkan Bantuan Tunai kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung serta Nelayan (BTPKLWN).

Dalam penyaluranya kali ini dibarengi dengan pelaksaan Vaksinasi Dosis 3 Booster bagi penerima bantuan yang belum melaksanakan vaksin.

Langkah tersebut merupakan langkah yang beriringan antara penguatan ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si saat meninjau kegiatan ini menyampaikan, Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung serta Nelayan merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan.

Dalam penyalurannya melibatkan jajaran TNI. Rabu (13/04/2022).

“Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dalam rincianya, empat koramil jajaran kodim 0801/Pacitan yang bergerak dalam penyaluran tersebut terdiri dari Koramil 0801/03 Arjosari, Koramil 0801/04 Tegalombo, Koramil 0801/07 Ngadirojo, Koramil 0801/11 Donorojo.

“Bantuan tunai BTPKLWN ini dibagikan kepada pelaku usaha mikro dan PKL serta Nelayan secara bertahap. Karena sebagian wilayah kodim 0801/Pacitan merupakan daerah pesisir yang mana banyak masyarakat nelayan yang juga diperuntunkan mendapat bantuan BTPKLWN,” tutur Dandim.

Dibeberkan Dandim, ada beberapa syarat dalam penyaluran bantuan tunai melalui program tersebut diantaranya tidak mendapatkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM), penerima bantuan harus warga Kabupaten Pacitan, WNI terdaftar di KTP-e, bukan ASN, TNI, Polri, BUMN dan BUMD.

Sedangkan untuk pendataan Kodim 0801/Pacitan, melibatkan petugas Babinsa serta perangkat desa untuk mendata warga di desanya yang memiliki usaha warung atau PKL dan Nelayan.

”Penyerahan bantuan dilakukan di kantor Koramil dan jumlah nominal uang yang diterima bagi setiap warga sebesar Rp 600.000. Kami berharap bantuan tunai ini dapat membantu pemulihan ekonomi para pelaku usaha mikro di wilayah jajaran Kodim 0801/Pacitan di masa pandemi yang masih berlangsung ini,” beber Dandim.

Seiring dengan itu terpantau, warga penerima bantuan yang belum melaksanakan vaksin dosis 3 Booster ini langsung ke petugas yang sudah di sediakan yang lokasinya berdampingan dengan penyaluran bantuan BTPKLWN dari TNI.

Sementara itu, Sukiyem (45 th), salah seorang warga Desa Arjosari yang sehari – harinya jualan Kelontong sama kue gorengan merasa senang karena mendapatkan bantuan tunai dari Pemerintah Pusat melalui Koramil jajaran Kodim 0801/Pacitan karena selama ini dia belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah.

Dengan adanya bantuan tersebut, bisa buat tambahan modal apalagi kebutuhan pokok sekarang harganya pada naik terutama minyak goreng.

“Alhamdulillah bantuan tunai Rp. 600.000,- bisa untuk tambahan modal jualannya dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya dan merupakan berkah di bulan Ramadhan,” ucapnya. (Red).

Berita Lainnya