oleh

Rawan Banjir, Wilayah Transmigrasi Dadahup Akan Dibangun Tanggul Sederhana

-Nasional-75 views

 

 

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas akan lebih fokus dalam memajukan wilayah transmigrasi dadahup yang berada di Kecamatan Dadahup dan Kecamatan Kapuas Murung. Salah satunya dengan menanggulangi banjir agar lahan pertanian bisa berkembang di daerah tersebut.

 

Rencananya, Dinas Transmigrasi akan mendukung pengembangan tanaman padi tahun 2019. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat transmigrasi Dadahup di 25 unit pemukiman transmigrasi (upt) atau sekitar 25 desa dengan jumlah jiwa sekitar 10 ribu.

 

“Kawasan Lamunti dan kawasaan Dadahup, tetapi kehidupann masyarakat saat ni di transmigrasi lamunti sudah lebih baik. Sedangkan dadahup masih dalam kondisi belum mempunyai penghidupan yang cukup layak,” kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, Sukiran, Rabu (14/11).

 

Sukiran juga menjelaskan bahwa, salah satu kendala untuk perkebunan sawit tidak bisa masuk di daerah tersebut.

 

Sehingga harapan yang perlu diperjuangkan di daerah itu adalah tanaman padi, namun dalam menanam padi daerah itu masih menemui kendala lantaran adanya ancaman banjir musiman.

 

“Wilayah transmigrasi dadahup rawan banjir, perlu dibuat tanggul. Untuk tanggul besar di 24 UPT tersebut sangat mahal. Tetapi ada terobosan untuk membuat tanggul kecil bisa melindungi lahan pertanian seluas 24 hektare,” imbuhnya.

 

Dia menyebutkan, tanggul sederhana itu adalah sistem tata air mikro dengan tinggi 1,5 meter bisa bertahan sampai 5 tahun, Panjang 600 meter dan lebar 400 meter yang dibuat per blok. (SAS).

News Feed