oleh

Puskesmas Danau Rawah, Perlu Perhatian Pemkab

Kuala Kapuas – Koranprogresif.co.id – Selain letaknya yang strategis berada di perlintasan ruas jalan trans kalimantan Palangkarya-Buntok, Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Danau Rawah yang berada di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dalam melengkapi fasilitas dan sarana prasaranaya.

Seperti armada unit ambulan misalnya, karena hanya memiliki satu saja dan kerap dipakai untuk melayani antar jemput warga yang sakit bahkan rujukan ke kapalangkaraya, armada ini sering mogok dijalan akibat umur pemakaianya yang sudah tua, sehingga petugas medis di UGD ini ragu untuk mempergunakanya, dan ini membuat pelayanan kesehatan menjadi kurang optimal.

Kepala Puskesmas Danau Rawah, Bahrani, S.Kep saat ditemui media ini beberapa waktu lalu mengakui bahwasanya, karena hanya memiliki satu-satunya unit ambulan ini dan kondisinya sudah tidak bisa lagi dipergunakan untuk jarak yang jauh, apabila mengantar pasien yang butuh pelayanan medis lebih lanjut, keluarga pasien terpaksa mereka arahkan untuk mencari kendaraan sendiri.

“Kalau untuk menjemput kami masih berani pak. Tapi kalau sudah harus berangkat rujukan ke palangkaraya, kami tidak berani mempergunakanya, takut mogok pak, kasihan juga pasien kalau hal itu terjadi saat diperjalanan,” katanya.

Diterangkanya juga bahwa, sejak mendapatkan bantuan unit ambulan ini yaitu pada tahun 2014 lalu, ambulan ini dipergunakan untuk melayani warga di 3 Desa seperti Bukit Batu, Danau Rawah dan Tumbang Muroi, sehingga jam perjalannyapun memang kerap dipakai dimedan yang tak seharusnya

Oleh karena itu, diharapkanya, kedepanya untuk penyediaan sarana unit ambulan ini, dirinya berharap pemkab dalam hal ini Dinas Kesehatan hendaknya dapat memberikan bantuan sesuai dengan medan yang ada di wilayah ini.

“Setidaknya armada tersebut mobil yang double cabin lah pak, sebab medan disini kan lokasinya masih jalan yang tak beraspal,” katanya. (Sari).

News Feed