oleh

PSMP Akan Gelar Festival Paduan Suara Nasional Hingga Asean Choir Festival Tahun 2023

 

Jakarta – Koranprogresif.co.id, Pada tahun 2023 Paduan Suara Merah Putih ( PSMP ) menggagas kegiatan ‘Festival Paduan Suara Nasional’ yang bertema ‘Bangkit Nusantara Bernyanyi’ dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke 78 Tidak sampai disitu, pada puncaknya nanti, juga akan digelar kompetisi choir, ‘ASEAN Choir Festival’ yang mengangkat tema ‘The Spirit Of ASEAN’ yang akan berlangsung pada 2 dan 3 Agustus 2023 di Jakarta, Indonesia.

Jadi 2 event besar ini saling bersinergi satu sama lain yang berlangsung di tahun 2023 ini. Dengan harapan melalui kegiatan menyanyi ini dapat menjadi pemersatu antar Bangsa di Asean.

“Festival Paduan Suara ini untuk mengajak kita semua khususnya masyarakat Indonesia untuk menyanyi lagu-lagu Nasional dan lagu Perjuangan sehingga lagu-lagu tersebut dapat dikenal di negeri kita sendiri dan juga di Asean. Dalam Festival ini juga akan melahirkan bintang penyanyi yang bisa terkenal di seluruh dunia” Ujar Delly Rasubala ,selaku Ketua Umum PSMP saat konferensi pers di Deteksi Production, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/23).

“Melalui Visi Misi Perkumpulan ini, Semua Komponen organisasi berkewajiban untuk terus melestarikan lagu-lagu kebangsaan dan daerah dan ikut menjaga dan memperkenalkan Seni Budaya Nusantara bagi Generasi Muda Indonesia” imbuhnya

Semetara itu Harry koko santoso sebagai ketua panitia menjelaskan bahwa “Kegiatan ini dapat menjangkau semua orang agar untuk menjadi bagian dari paduan suara, baik itu anak band, anak vokal grup, apapun yang berkaitan dengan kesenian bersuara akan terakomodir. Jadi ini open kompetisi tapi yang luar biasanya akan mengundang 11 negara ASEAN. Indonesia tahun ini Ketua ASEAN. Semoga kedaulatan budayanya bisa diwujudkan bersama-sama.” terang Harry ‘Koko’

Festival Paduan Suara Nasional’ dibuka pendaftaran mulai tanggal 8 Januari 2023 sampai dengan 31 Mei 2023. Nantinya pihak panitia akan mengkurasi dari peserta choir yang telah mendaftar dengan cara mengirim video choir mereka melalui email atau Whatsapp .

Adapun syarat untuk mengikut festival ini adalah 1 kelompok maksimal 20 orang, kategori usia 15 – 55 tahun. Untuk biaya pendaftaran per kelompok sebesar Rp 650 ribu. Nantinya akan dipilih 10 kelompok paduan suara terbaik yang kemudian disaring untuk diambil 3 terbaik. Dari 3 kelompok terbaik ini yang menjadi juara di ‘Festival Paduan Suara Nasional 2023’ akan mewakili Indonesia di ‘ASEAN Choir Festival 2023’.

“Kami akan membuat 2 event yaitu pertama event Lomba Paduan Suara tingkat nasional yang akan diikuti seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Ini luar biasa dari antusias dari masyarakat terutama anak muda. Kemudian di bulan Juli kami akan merangkum semua peserta yang sudah masuk yang mengirimkan video ke panitia, kami akan membuat tim juri kecil yang akan menseleksi dari sekian banyak video yang masuk kami akan mengambil 10 besar. Dari 10 besar kami godok lagi menjadi 3 besar. 3 besar ini yang akan kami undang langsung ke Jakarta. “ ujar Hanna Soriton selaku Ketua Harian.

“Selanjutnya di tanggal 3 Agustus dari 3 besar ini, juara 1-nya yang akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN. Jadi di Agustus seluruh peserta ASEAN akan datang ke Jakarta untuk mengikuti lomba. Dewan juri yang akan menilai lomba paduan suara terdiri dari LPPN-(Lembaga Penggerak Pendidikan Nasional) Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi). Beliau-beliau ini sudah kompeten di bidangnya.”imbuhnya.

Asean Choir Festival dengan tema “The Spirit Of Asean” akan diadakan pada Bulan Agustus 2023 diharapkan sebanyak 11 Negara bisa ikut berpartisipasi.

(kim)

Berita Lainnya