oleh

Prosesi Pindah Kantor Desa di Desa Suwaluh Kecamatan Pakel Tulungagung

-TNI Polri-474 views

 

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Ada yang unik dalam pelaksanaan kegiatan masyarakat Desa Suwaluh pada pagi hari ini. Ratusan orang mengikuti prosesi acara pindah kantor Desa Suwaluh Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung dari kantor desa lama ke kantor desa baru, Rabu (14/11/2018).

Prosesi acara pindah kantor dimulai dari arak-arakan seluruh perangkat desa yang menggunakan pakaian adat jawa dari kantor desa lama ke kantor desa baru dengan diikuti Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh komponen masyarakat Desa Suwaluh.

Meski sempat hujan, acara pindah kantor desa ini tetap berlangsung hingga prosesi acara selesai dilakukan. Tradisi boyong rumah atau pindahan rumah yang dilaksanakan ketika warga akan menempati gedung baru saat ini sudah hampir punah. Namun, warga di Desa Suwaluh Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung masih tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dengan mempertahankannya.

Upacara “boyongan” yang dilakukan warga Desa Suwaluh ini dimaksudkan untuk memberi suasana tenteram pada pemakaian kantor desa baru sebagai tempat bekerja para perangkat desa dan menerima kunjungan para warga.

Babinsa Desa Suwaluh, Serda Supriyanto anggota Koramil 0807/10 Pakel Kodim Tulungagung bersinergi bersama Bhabinkamtibmas Desa Suwaluh, Aipda Deni S mengamankan pelaksanaan kegiatan pindah kantor desa tersebut.

Serda Supriyanto mengaku baru pertama kali mengikuti dan mengamankan kegiatan adat pindahan kantor desa seperti yang dilakukan warga Desa Suwaluh ini. Ia merasa memperoleh ilmu dan pengalaman baru tentang kearifan lokal pindah kantor.

Meski merupakan pengalaman baru bagi Serda Supriyanto, hal ini tidak menyurutkan kewaspadaannya dalam mengamankan jalannya kegiatan arak-arakan pindah kantor desa.

“Meski ini pengalaman baru, kegiatan pengamanan jalur arak-arakan pindah kantor desa harus aman dan lancar,” tutup Serda Supriyanto. (Red).

News Feed