oleh

Program Sanitasi Apdes Tangirang, Bangun Boks Air Bersih

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakatnya dalam hal mengajarkan kebiasaan berprilaku hidup bersih dan sehat, Aparatur Desa Tangirang Kecamatan Kapuas Hulu bangun fasilitas Boks penampungan air bersih dengan kafasitas besar, yang rencananya air tersebut akan dibuattkan pipa sambungan yang langsung dapat dinikmati oleh warga, sebab rencananya juga akan secara langsung dialirkan kerumah-rumah warga.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ditahun 2019 ini kita akan buat Boks penampungan air ini untuk mengatisipasi sekaligus mengajarkan kepada masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, sebab kalau sekarang ini sebagian besar warga masih mengkonsumsi air disungai baik itu mencuci mandi dan lain sebagainya, oleh karena itu kita harapkan dengan tersedianya fasilitas ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga,” kata Kepala Desa Tangirang, Bidu A Kamis, Senin (26/8/19) saat dikonfirmasi melalui via telepon seluler.

Diterangkanya juga bahwasannya, kenapa mereka membuat fasilitas penampungan air bersih, tidak lain dan tidak bukan karena untuk saat ini kualitas air sungai yang kerap dipergunakan oleh warganya sudah tidak baik utnuk dipergunakan atau dikonsumsi akibat adanya pencemaran, sebab dari warna air yang dulu bersih sekarang sudah mulai terlihat keruh.

Terlebih disaat musim kemarau yang sekarang terjadi, untuk mendapatkan sarana air bersih ini warganya terpaksa harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter hanya untuk mengambilnya ke sumber mata air yang ada di sekitar desa.

Oleh karena itu, dengan telah dibangunya fasilitas Boks penampungan air bersih ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan kepada warga, sekaligus memberikan dan mengajarkan mereka untuk selalu tetap menjaga dan membiasakan diri berprilaku hidup bersih dan sehat, setidaknya tidak perlu repot-repot lagi mencari air bersih apabila memasuki musim kemarau. (Tatang).

News Feed